Ramah Lingkungan, Yuk Simak Kelebihan Sepeda Motor Listrik

Teknologi motor listrik mulai banyak digemari oleh masyarakat. Selain menghemat biaya untuk pembelian bahan bakar, teknologi ini juga dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara. Produksi massal listrik sudah dilindungi oleh peraturan presiden, sehingga konsumen bisa memakai kendaraan ramah lingkungan ini secara legal. Berikut ini kelebihan sepeda motor listrik bagi para pengguna.

Keunggulan Sepada Motor Bebas Polusi

1. Lebih Menghemat Biaya

Penggunaan kendaraan roda dua listrik dinilai lebih efisian dan menghemat biaya. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, skuter listrik bisa menghemat daya 50% hingga 60% dibandingkan dengan motor biasa yang memakai bahan bakar bensin. Pengguna hanya memerlukan pengisian daya pada baterai untuk mendapatkan pasokan energi. Jika diperhitungkan, menggunakan motor ini dirasa lebih menghemat biaya dan energi.
Untuk kendaraan roda dua listrik yang masuk jenis motorr besar, hanya membutuhkan daya sekitar 1kWh yaitu setara dengan uang sebesar Rp. 1500. Maka dengan daya 1kWh tersebut, anda bisa melakukan perjalan sejauh 20 kilometer. Anda bisa membandingkan dengan motor konvensial yang memerlukan bensin beberapa liter untuk menempuh jarak sejauh itu.

Ramah Lingkungan, Yuk Simak Kelebihan Sepeda Motor Listrik ini

2. Bebas Polusi dan Ramah Lingkungan

Menggunakan sepeda motor listrik mampu mengurangi emisi gas dan lebih ramah lingkungan. Hal ini karena kendaraan ini tidak membutuhkan bensin sebagai bahan bakar. Energi yang diperoleh berasal dari sumber listrik seperti PLTA, Pembangkit tenaga angin maupun panel surya. Untuk penggunaan baterai pada kendaraan ini bisa dilakukan pendaur ulang sehingga baterai bisa dipakai lagi. Sangat ramah lingkungan bukan?

3. Lebih Aman Digunakan

Penggunaan kendaraan listrik dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna. Ada beberapa fitur yang sengaja ditambahkan pada kendaraan listrik untuk mencegah terjadinya kecelakaan di kota-kota besar. Sebagaimana contohnya, kendaraan listrik dengan tenaga yang sama dengan mesin 125 cc, kecepatannya dapat dibatasi hingga 40 km perjam sehingga pengguna lebih aman dan terhindark dari resiko kendaraan.

4. Didesain Dengan Model yang Lebih Unik

Desain pada kendaraan ini terkesan lebih unik dibandingkan motor konvensional. Memiliki bodi yang lebih ramping, kendaraan ini dirasa lebih ringan dan tidak menyusahkan saat memindahkan posisi. Desain yang umum dari motor ini adalah skuter mini namun ada beberapa yang didesain yang mirip monster dengan mesin V8. Dengan desain yang lebih unik tidak menutup kemungkinan anda akan menjadi pusat perhatian pengendara yang lain.

Ramah Lingkungan, Yuk Simak Kelebihan Sepeda Motor Listrik

5. Perawatan yang Lebih Mudah

Selain menghemat biaya, penggunaan kendaraan roda dua listrik juga tidak memerlukan perawatan khusus. Berbeda dengan motor konvensional yang membutuhkan oli mesin, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli pelumas. Motor ini juga memiliki komponen gerak yang tidak banyak sehingga kompenan yang perlu diganti juga lebih sedikit dibandingkan motor konvensional. Namun, anda tetap memerlukan servis reguler agar motor bisa digunakan dengan baik.

6. Tidak Bising Di Telinga

Jika menggunakan motor konvensional bisa menyebabkan polusi suara akibat suara knalpot yang bising, maka motor ini lebih senyap dan tidak menghasilkan suara yang sakit di telinga. Sehingga motor ini sangat pas saat dipakai di komplek perumahan yang cenderung tidak ramai. Jika tetangga anda memiliki bayi, motor ini sangat aman digunakan karena tidak akan menghasilkan suara yang mengganggu.
Nah itulah keuntungan dari motor listrik. Tidak hanya ramah lingkungan, motor ini juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar dan perawatan. Didesain dengan model yang ramping dan unik, anda akan merasa lebih nyaman saat berkendara. Tidak hanya itu, kendaraan ini tidak terlalu membutuhkan perawatan yang rutin dan rumit. Sangat praktis dan menghemat biaya bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *