Rawat Mesin Dengan Baik, Kenali Perbedaan Pertamax Dan Pertamax Turbo Di Sini

Mesin kendaraan memang harus dirawat dengan baik dengan memberikan bahan bakar yang sesuai. Pertamina mengeluarkan berbagai jenis bahan bakar dengan keunggulan yang berbeda beda pula. Oleh karena itu, sebelum membelinya wajib mengetahui ciri ciri dan keunggulan tiap jenis bahan bakar dai Pertamina agar tidak salah. Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo ini terdiri atas beberapa hal, yuk simak ulasannya secara lengkap di bawah ini!

Perbedaan dari Pertamas 92 dan Pertamax 98

1. Angka Oktan

Pertamina menyusun bahan bakar miliknya dengan kategori angka oktan yang berbeda. Angka ini menunjukkan besarnya tekanan yang ada sebelum bensin terbakar secara spontan di dalam mesin.Sebelumnya, Pertamina mengeluarkan jenis bahan bakar subsidi yang dapat dibeli oleh semua masyarakat Indonesia yang memenuhi kategori. Di samping itu, Pertamina juga memiliki bahan bakar nonsubsidi untuk beberapa jenis kendaraan, yaitu Pertamax.

perbedaan pertamax dan pertamax turbo

Pertamax sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu Pertamax 92 dan Pertamax 98. Jenis satu ini memiliki angka oktan 92, yang berarti lebih tinggi daripada bahan bakar subsidi. Angka ini cocok dipakai pada mesin mobil dengan rasio kompresi mesin 10:1 sampai 11:1. Sedangkan untuk jenis satunya memiliki angka oktan sebesar 98. Rasio kompresi mesin yang cocok dengan bahan bakar ini antara 11:1 sampai 13:1 sehingga pembakarannya lebih sempurna.

2. Pembakaran Lebih Sempurna

Semakin tinggi angka oktan yang dimiliki suatu bahan bakar, maka tingkat pembakarannya juga lebih sempurna. Hal ini sangat penting agar dapat menambah tenaga mesin yang dihasilkan, sehingga tarikannya pun lebih kencang. Oleh karena itu, sangat penting untuk meyesuaikan bahan bakar dengan rasio kompresi mesin. Keduanya harus cocok agar tidak merusak mesin kendaraan yang anda miliki atau justru mengakibatkan korosi

3. Titik Didih

Perbedaan Pertamax dan Pertamax Turbo yang paling mencolok adalah angka oktan yang dapat memengaruhi kinerja mesin. Kandungan Pertamax 92, yaitu kandungan 92 persen oktana dan 8 persen heptana. Sedangkan kandungan dalam Pertamax 98, yaitu 98 persen oktana dan 2 persen heptana. Jumlah oktana dan heptana dalam bahan bakar ini berpengaruh pada titik didih, sehingga semakin tinggi titik didihnya juga berpengaruh pada pembakarannya.

4. Efisiensi Panas

Seluruh kinerja mesin dipengaruhi oleh bahan bakar yang dipakai, sehingga sangat penting memilih bahan bakar yang tepat. Hal ini tentu dipengaruhi oleh angka oktan yang cukup signifikan dalam tiap jenis bensin keluaran Pertamina. Semakin tinggi angka oktan telah disebutkan sebelumnya menyebabkan pembakaran lebih sempurna. Pertamax 98 tentu memenuhi syarat itu, sehingga juga berakibat pada efisiensi panas yang lebih tinggi daripada Pertamax 92.

perbedaan pertamax dan pertamax turbo

5. Pemakaian

Bahan bakar dengan angka oktan tinggi ini memiliki kualitas yang cukup bagus, sehingga cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi yang tinggi. Kamu dapat memakai Pertamax 98 untuk bahan bakar mesin yang dipakai untuk balapan, tetapi dapat pula untuk mesin standar harian. Hal tersebut dikarenakan angka oktan yang masih aman untuk semua jenis mesin. Untuk rasio kompresi yang lebih rendah dapat memakai Pertamax 92 karena sudah cukup merawat mesin dengan baik.

Dua jenis bahan bakar keluaran Pertamina ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu dari angka oktan. Satu hal ini telah memberikan perbedaan yang cukup tinggi untuk titik didih, efisiensi panas, dan tingkat pembakaran. Bahkan untuk pemakaiannnya pun harus sesuai dengan rasio kompresi mesin. Akan tetapi, keduanya memiliki zat anti korosi sehingga aman untuk mesin dan dapat dipakai sebagai deterjen untuk membersihkan deposit di ruang bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *