Resep Bubur Madura, Si Bubur Campur Yang Kaya Rasa

Bubur ayam, bubur kacang, bubur sop, bubur merah putih dan masih banyak lagi nama-nama bubur di negeri ini. Kiranya memang benar bahwa masyarakat Indonesia secara umum sangat suka dengan makanan bernama bubur. Itulah mungkin yang menyebabkan begitu banyaknya bubur baik yang cukup populer di telinga masyarakat maupun yang hanya diketahui masyarakat tertentu saja.

Berbicara mengenai bubur yang hanya diketahui masyarakat tertentu saja, sepertinya bubur madura dapat dimasukkan ke dalam kategori tersebut. Hal itu dikarenakan memang tidak secara luas bubur madura atau bahkan resep bubur madura ini dikenal publik tanah air. Oleh sebab itu tepat rasanya jika bubur madura dapat diperkenalkan kepada para pembaca sekalian.

Bubur Campur Dari Madura

Bubur madura seringkali disebut pula dengan sebutan bubur campur. Hal tersebut karena bubur madura ini memang seolah mencampurkan berbagai bubur yang sudah banyak dikenal menjadi suatu jenis bubur baru. Kenyataannya pun memang demikian, karena bubur madura itu sebenarnya terdiri dari bubur ketan hitam, bubur sagu mutiara, bubur sum-sum dan bubur candil. Nama-nama bubur tersebut barusan jelas sudah amat sangat familiar di telinga masyarakat umum.

Resep Bubur Madura, Si Bubur Campur Yang Kaya Rasa

Dengan fakta demikian maka dapat dipahami bahwa bahan pembuat bubur madura sama dengan bahan pembuatan bubur-bubur tadi. Misalnya untuk bubur ketan hitamnya membutuhkan ketan hitam dan putih, gula merah dan air. Sedangkan untuk bubur sagu mutiaranya membutuhkan sagu mutiara, gula pasir, air dan daun pandan. Bubur sum-sum yang juga termasuk ke dalam bagian bubur madura membutuhkan tepung beras, santan, daun suji, dan juga pandan. Terakhir untuk bubur candilnya membutuhkan tepung ketan, tepung beras, gula merah, teppung maizena, santan, kinca, dan kembali tak ketinggalan daun pandan.

Cara Membuat Bubur Madura

Cara membuat bubur yang terdiri dari empat macam bubur yang berbeda tentu membuat pengerjaannya pun bertahap-tahap. Mulai dari membuat bubur ketan hitamnya yaitu dengan tahap seperti ini:

1.Campur ketan hitam dan putih yang telah dicuci, kemudian rendam selama 2 jam
2.Rebus ketan yang telah disiapkan selama 10 menit kemudian diamkan selama 30 menit
3.Tambahkan gula dalam keadaan kompor menyala sambil diaduk sampai merata
4.Setelah air susut, sisihkan bubur yang telah siap

Setelah bubur ketan hitam siap, berikutnya bubur sagu mutiara yang disiapkan dengan langkah berikut ini:

1.Rebus sagu mutiara selama 5 menit, lalu diamkan selama 30 menit
2.Setelah itu tambah gula dan air sesuai selera
3.Nyalakan kembali kompor selama 7 menit sambil terus aduk sagu mutiaranya
4.Saat air susut dan sagu mutiara tampak being, segera angkat dan sisihkan

Resep Bubur Madura, Si Bubur Campur Yang Kaya Rasa Bubur Kacang Hijau Madura

Berikutnya dilanjutkan dengan bubur sum-sum yang langkah pembuatannya adalah seperti berikut:

1.Campur santan dengan tepung beras, garam dan jus pandan
2.Rebus hingga mendidih dengan perhatian ekstra agar santan tidak pecah
3.Berikutnya tinggal masukan larutan tepung beras tadi
4.Aduk hingga tercampur mengental
5.Ketika telah mengental artinya telah siap disajikan

Ketika bubur-bubur di atas telah siap semuanya, barulah disajikan pada wadah yang sama. Hal ini yang membuatnya tampak seolah dicampur, padahal tiap-tiap bubur tetap dengan karakteristiknya masing-masing.
Itulah resep bubur madura yang mungkin sebagian besar pembaca baru pernah dengar tentangnya. Dengan informasi ini semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian terutama tentang dunia kuliner nusantara yang begitu kaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *