Resep Membuat Saus Pedas Manis Di Rumah

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita semua tidak bisa lepas dari yang namanya saus, baik itu saus pedas, saus tomat maupun saus-saus lainnya. Di indonesia sendiri saus mempunyai banyak sekali macam jenisnya, mulai dari saus tomat, saus kacang, saus manis yang pedas, dan masih banyak varian lainnya yang beredar di pasaran. kemasannya juga beragam, ada yang dikemas menggunakan kemasan sachet kecil, kemasan botol sampai kemasan dalam plastik kiloan yang umumnya dipakai oleh para pedagang.

Dari sekian banyak macam saus yang populer di masyarakat kita, saus manis yang pedas kiranya memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat kita. Pasalnya memang banyak yang mengakui bahwa saus manis yang pedas sebagai salah satu jenis saus favorit diantara saus-saus lainnya, hal tersebut disebabkan karena perpaduan rasa pedas dengan manis yang begitu lezat ketika menyatu menjadi satu di dalam mulut. Belum lagi kemampuannya yang dapat membuat makanan apapun atau masakan apapun yang dicampurkan dengan saus tersebut seolah semakin menggugah selera makan siapa saja yang melihatnya.

Membuat Saus Pedas Manis Cabai Si Merah untuk Atasi Batuk Secara Alami

Bagi pembaca sekalian yang menyukai saus manis yang pedas tetapi penasaran bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah, berikut ini merupakan informasi tentang cara membuat saus manis yang pedas secara mudah serta tentu saja praktis menggunakan bahan-bahan yang juga mudah ditemukan. Adapun bahan-bahan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

1.5 sampai 7 buah tomat yang masih segar
2.8 buah cabai merah yang juga masih segar
3.10 buah cabai rawit segar
4.4 siung bawang putih
5.1 buah jeruk nipis
6.Gula secukupnya
7.Garam Secukupnya
8.300 mililiter Air matang
9.1 sendok makan tepung maizena yang telah dilarutkan dengan sedikit air

Setelah bahan siap, maka berikutnya tinggal lanjutkan dengan langkah untuk membuatnya. adapun langkah pembuatan saus manis yang pedas antara lain sebagai berikut.

1.Rebus tomat, cabe merah, cabe rawit dan bawang putih hingga layu kemudian tiriskan dan haluskan dengan menggunakan blender atau food processor hingga halus

2.Saring bumbu yang telah dihaluskan agar tekstur saus lebih lembut

3.Masukan bumbu yang sudah disaring tadi kedalam panci atau wajan dengan menambahkan air, jeruk nipis, gula, garam dengan api sedang hingga mendidih, dengan sesekali mengaduk-aduk agar saus tidak lengket dan gosong di bagian bawah panci/wajan

Membuat Saus Pedas Manis

4.Setelah adonan saus mendidih, masukkan campuran tepung maizena dan air ke dalam panci namun jangan lupa untuk mengecilkan api terlebih dahulu, kemudian aduk hingga saus berubah tekstur dari cair menjadi kental

5.Apabila adonan saus sudah mengental, matikan kompor dan saus telah siap dihidangkan.

Jumlah dari cabai merah maupun cabai rawit yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera kepedasan masing-masing. karena tentu saja semakin banyak cabai yang digunakan maka artinya akan semakin pedas saus yang dibuat.
Untuk menjaga agar kualitas saus lebih tahan lama, taruh saus ke dalam toples kaca yang sebelumnya sudah di rebus untuk mensterilkannya toplesnya barulah kemudian masukkan kedalam kulkas. Tetapi sebelum dituangkan ke dalam toples harap tunggu sampai saus dingin terlebih dahulu.

Itulah sedikit informasi tentang cara membuat saus pedas yang manis dengan praktis dan simple. Selain bisa dinikmati secara langsung dengan mencocolnya bersama cemilan seperti kentang goreng dan gorengan lainnya, saus yang telah dibuat juga bisa dikombinasikan dengan masakan-masakan yang akan dibuat nantinya. Karena jenis saus satu ini sering sekali dipadu-padankan dengan berbagai macam masakan seperti misalnya seafood, ayam, daging maupun sayuran sebagai pelengkap dari cita rasa masakan sekaligus sebagai penggugah selera makan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *