Saham Atau Deposito? Yuk Kenali Keuntungan Keduanya Disini

Dewasa ini, kegiatan investasi memang merupakan hal yang menarik. Berbagai keuntungan dan kemudahan banyak dijanjikan disana. Namun, bagi anda generasi milenial yang baru ingin memulai kegiatan ini, tentu banyak pertimbangan untuk memilih berbagai jenis investasi yang ditawarkan. Beberapa instrumen investasi yang ditawarkan dapat berupa saham atau deposito. Yuk simak keuntungannya disini.

Investasi Saham Vs Deposito

Sebelum memulai investasi, sudah selayaknya jika anda perlu memahami secara lebih detail apa itu saham dan deposito. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki pergerakan pasar yang tinggi. Bahkan, investasi ini dikenal dengan high risk high return karena berbagai strategi dapat dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Saham Atau Deposito

Begitu pula, deposito seringkali banyak dipilih oleh setiap orang yang ingin berinvestasi tanpa mengambil risiko. Deposito sudah menjamin penyimpanan uang yang dilakukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan maksimal simpanan 2 miliar. Sehingga, anda dapat bersantai karena simpanan di deposito tidak mengikuti pergerakan pasar dan akan tetap aman meski bank dilikuidasi.

Keuntungan Apa Saja Yang Bisa Didapatkan?

Baik saham maupun deposito pasti menjanjikan keuntungan yang dapat diperoleh oleh para investor. Dalam hal ini, keuntungan yang dihasilkan dari berinvestasi menggunakan saham atau deposito pasti berbeda karena memiliki instrumen penawaran yang berbeda pula. Untuk itu, anda perlu menentukan tujuan keuangan sebelum melakukan hal ini.

Simpanan yang digunakan menggunakan deposito ditentukan oleh perjanjian dari bank tempat anda berinvestasi. Dalam hal ini, besaran bunga yang akan anda peroleh biasanya sudah ditetapkan oleh bank dengan cara menyesuaikan tenor dan nilai deposito. Jumlah bunga deposito yang diberikan biasanya sekitar 4-7% yang lebih tinggi dari bunga tabungan biasa.

Selain itu, bunga deposito yang diberikan juga mengikuti suku bunga yang menjadi acuan Bank Indonesia (BI). Sudah tentu jumlah suku bunga yang dijanjikan ini dapat menambah uang yang anda simpan di bank setiap tahun dengan risiko yang rendah, tetapi jumlah penambahan uang anda juga cenderung stabil dan tidak banyak.

Jika anda tertarik dengan kegiatan investasi saham, strategi pergerakan pasar di dunia saham perlu dipelajari. Bahkan, anda juga perlu mempertimbangkan kinerja perusahaan dan informasi tentang kebijakan pemerintah untuk mendapatkan hasil yang berlimpah. Sehingga, jika anda mampu memahami kondisi pasar, anda akan memiliki keuntungan yang lebih daripada jenis investasi lainnya.

Begitu pula, anda perlu mempertimbangkan banyak hal karena investasi saham bersifat fluktuatif. Bahkan, kegiatan investasi saham sama halnya dengan kegiatan perdagangan yang bisa naik atau bahkan menurun. Tetapi, ketika anda dapat memahami pasar modal dan mendapatkan keuntungan yang banyak, investasi ini tentu sangat menggiurkan dibanding yang lainnya.

Risiko Yang Harus Dipertimbangkan

Jenis investasi seperti saham maupun deposito selalu menjadi pertimbangan untuk anda yang ingin memulai investasi. Bagi anda yang menginginkan tempat yang aman tanpa risiko, deposito cocok untuk memulai investasi anda. Tetapi hal yang perlu diingat dalam deposito adalah jumlah keuntungan dari bunga yang ditawarkan tidak banyak.

Saham Atau Deposito

Untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah, anda bisa menggunakan investasi saham untuk memulai kegiatan anda. Tetapi anda perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti kinerja perusahaan dari saham yang ingin anda miliki, kebijakan pemerintah, rumor dan sentimen pasar. Hal-hal tersebut tentu perlu dipelajari lebih lanjut agar investasi saham anda tidak mengalami kegagalan.

Kegiatan investasi yang diinginkan setiap orang adalah keuntungan yang ditawarkan dari setiap jenis investasi. Untuk itu, anda perlu memahami kondisi diri pribadi dan tujuan keuangan sebelum berinvestasi. Selain itu, investasi saham maupun investasi deposito dapat anda coba dengan pertimbangan yang matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *