Sate Daging Sapi yang Empuk dan Bikin Ketagihan

Menjelang datangnya hari raya Idul Adha, pasokan daging di kulkas tidak akan pernah ada habisnya. Karena jumlahnya yang terlalu banyak, kita kadang merasa bimbang untuk menentukan menu makanan apa yang dapat kita olah dengan menggunakan daging sapi atau daging kambing. Hidup di negara yang kaya akan menu makanan tradisional, kita sebenarnya tidak perlu merasa bimbang untuk menentukan olahan daging. Sate menjadi jenis olahan yang dapat kita buat dengan menggunakan daging kambing atau daging sapi. Jika dibandingkan dengan daging kambing, olahan sate dengan menggunakan daging sapi terasa jauh lebih istimewa. Selain tekstur daging yang berbeda, sate sapi dapat dibuat dengan mudah.

Berbicara mengenai daging sapi, ada banyak resep sate sapi yang dapat kita olah. Sate sapi bumbu manis menjadi salah satu resep yang dapat membuat kita merasa ketagihan dengan rasa yang dihadirkannya. Untuk membuat resep tersebut, kita perlu menyiapkan bahan dan mengikuti langkah-langkah pembuatan sate sapi. Untuk mengetahui lebih lanjut akan penjelasan tersebut, simak ulasannya di bawah ini:

resep sate sapi Empuk dan Bikin Ketagihan

1.Bahan

Satu kg daging sapi yang dipotong kotak-kotak
Tiga butir kemiri sangrai
1,5 sdm ketumbar yang disangrai
10 buah bawang merah
6 buah bawang putih
1 sdt garam
Tiga sdm kecap manis
Tiga sdm minyak sayur
Sesendok gula pasir
60 gram gula merah yang dihaluskan
Satu ruas jari lengkuas

2.Cara pembuatan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghaluskan bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kemiri. Setelah dihaluskan, tumis bumbu tersebut dan beri tambahan gula pasir, garam dan kecap manis. Lanjutkan dengan memasukkan daging sapi dan aduk hingga merata. Setelah matang, sisihkan daging sapi dan biarkan hingga dingin. Daging kemudian ditusuk dan dibakar. Setelah matang, sate sapi siap dihidangkan dengan sambal kecap dan irisan bawang merah.

resep sate sapi Empuk dan Bikin Ketagihan sate daging sapi

Resep sate sapi lainnya adalah sate sapi bumbu ketumbar. Untuk membuat resep ini, kita dapat menyiapkan bahan berupa daging sapi dalam sebanyak 400 gram dan daun jeruk purut sebanyak dua lembar. Untuk bumbu halusnya, bahan yang disiapkan adalah ketumbar sangrai, bawang merah, bawan putih , jahe, air, kecap manis, gula jawa, asam jawa, garam dan lada. Sedangkan unutuk sambel kecapnya, bahan yang dibutuhkan antara lain dua buah tomat, bawang merah 10 buah, kecap manis dan cabai rawit. Setelah bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah cara membuatnya. Di bawah ini merupakan panduan dalam membuat sate sapi bumbu ketumbar:

1.Tuang bumbu halus pada potongan daging, tambahkan daun jeruk dan aduk hingga merata. Agar bumbu meresap, biarkan daging selama 45 menit. Setelah daging meresap, daging dapat ditusuk dengan menggunakan tusukan sate. Bakar sate tersebut dan masukkan ke dalam bumbu perendam yang terbuat dari kecap manis dan minyak.

2.Setelah sate daging sapi matang, kita dapat menikmatinya dengan menggunakan sambel kecap yang terbuat dari kecap manis, tomat, cabe rawit dan irisan bawan merah.

Agar sate sapi terasa empuk, kita sebaiknya memilih daging sapi yang masih muda. Jika kita mendapatkan daging sapi yang keras atau tua, kita dapat mengakalinya dengan menggunakan nanas. Berikan irisan nanas pada daging sapi yang akan kita olah dan biarkan beberapa saat. Nanas dapat mengubah tekstur daging agar terasa lebih empuk dan tanpa mengubah rasa pada daging ketika dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *