Sebelum Mulai Investasi, Berikut Perbedaan Tabungan Dan Deposito Yang Harus Diketahui

Setiap orang pasti ingin menabung atau menyisihkan sebagian uangnya untuk agar bisa digunakan untuk masa depan. Begitu pula, penyimpan uang di bank adalah yang hal diinginkan karena memiliki jaminan keamanan yang tepat. Tetapi, berbagai jenis yang ditawarkan seringkali membuat anda bingung dan bimbang. Lantas, bagaimana perbedaan antara tabungan dan deposito?

Perbedaan Mendasar Terkait Tabungan Maupun Deposito Yang Wajib Anda Ketahui

1. Tujuan

Perbedaan mendasar yang harus diketahui tentang tabungan maupun deposito adalah tujuan yang ditetapkan. Dalam hal ini, tabungan seringkali ditujukan kepada setiap orang yang ingin mencoba memulai untuk menyimpan uang. Begitu pula, tabungan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari dan dalam kondisi yang mendesak.

Tabungan Dan Deposito

Selain itu, deposito ditujukan untuk anda yang ingin melakukan investasinya. Penyimpanan uang menggunakan deposito dilakukan dengan perjanjian jangka panjang dengan bunga yang diberikan lebih besar daripada tabungan. Begitu pula, deposito juga dijamin keamanannya meskipun kondisi bank dilikuidasi.

2. Fleksibilitas

Sebagaimana yang ditetapkan pada tujuan, tabungan dapat digunakan untuk kondisi mendesak maupun sehari-hari. Sehingga, tabungan memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi karena dapat bersifat jangka pendek. Hal ini tentu sangat berbeda dengan deposito yang digunakan untuk penyimpanan jangka panjang.

Jika anda melakukan kegiatan deposito, maka pihak bank tentu akan membuat perjanjian dengan anda mengenai masa jangka waktu yang akan digunakan. Jangka waktu tersebut bisa dinamakan tenor. Tenor yang digunakan dalam kegiatan deposito biasanya berlangsung dalam jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan bahkan 24 bulan.

Oleh karena itu, uang yang telah didepositokan sebaiknya tidak diambil sebelum batas tenornya selesai. Karena, pengambilan uang yang dilakukan ketika masih dalam masa tenor akan membuat anda terkena penalti atau denda. Untuk itu, anda perlu membedakan uang yang disimpan di tabungan untuk diambil sewaktu-waktu dan uang deposito untuk simpanan jangka panjang.

3. Keuntungan

Selain itu, penyimpanan uang menggunakan tabungan dan deposito juga memiliki keuntungan yang berbeda. Hal ini dapat ditentukan oleh kondisi kebijakan bank tentang masa pengambilan uang. Sehingga, uang yang disimpan dalam deposito biasanya memiliki bunga yang lebih besar yaitu 5% sampai 7% per tahun, sedangkan tabungan hanya memiliki bunga 0,5% hingga 3% per tahun.

Tabungan Dan Deposito money

Meskipun memiliki jumlah bunga yang tidak banyak, tabungan dapat membantu anda untuk memenuhi segala sesuatu yang sifatnya mendesak. Hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa memiliki tanggungan utang di bank maupun pihak lain seperti koperasi.

Lain halnya dengan tabungan, menyimpan uang menggunakan deposito juga dapat membantu anda dalam mencoba kegiatan menabung yang sesungguhnya. Selain sifatnya yang jangka panjang, anda juga dapat menyiasati kegiatan ini agar anda dapat melakukan perputaran uang yang dimiliki tanpa mengambil jenis uang ini sehingga dapat memiliki keuntungan yang berlimpah.

4. Bilyet Dan Buku

Selain beberapa hal yang telah disebutkan di atas, baik tabungan maupun deposito juga memiliki perbedaan yang sangat jelas. Dalam hal ini, jika anda membuka tabungan makan anda akan menerima buku tabungan dan kartu ATM sebagai bukti bahwa anda susah memiliki tabungan. Tetapi, penyimpanan uang menggunakan deposito akan diberikan bukti bilyet deposito.

Kegiatan investasi dapat dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam hal ini, anda dapat memulai investasi menggunakan tabungan maupun deposito karena kedua hal tersebut bersifat tetap sesuai bunga yang ditentukan dengan sedikit risiko yang ditimbulkan. Untuk itu, ulasan di atas dapat menjadi pertimbangan anda untuk memulai penyimpanan uang di bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *