Sudah Jadwalkan Liburan Hingga Akhir Tahun? Yuk Simak Daftar Hari Libur Nasional 2020 Di Sini

Memasuki tahun baru, memang menjadi waktu yang tepat untuk memulai banyak hal baru dan meraih mimpi. Banyak hal yang dapat anda lakukan termasuk kegiatan positif mengembangkan kemampuan. Selain itu, banyak pula yang telah merencanakan liburan untuk mengisi waktu yang kosong. Anda dapat merencanakan liburan dengan matang, jika telah mengetahui daftar hari yang libur sepanjang tahun 2020 ini. Yuk intip daftar tanggal libur di bawah ini!

Daftar Tanggal Libur di Tahun 2020 untuk Kamu

1. Januari – Februari

Rentang 2 bulan ini tersedia hari yang libur 2 kali untuk masyarakat Indonesia. Pertama, libur di tanggal 1 Januari yang memperingati tahun baru Masehi. Anda dapat menikmati liburan ini sejak bulan Desember dengan agenda untuk menyambut tahun baru yang seru. Hari dengan tanggal merah ini dapat dinikmati oleh seluruh warga dunia. Kedua tanggal 25 Februari yang memperingati tahun baru Imlek yang diperingati oleh rakyat Cina.

2. Maret – April

Hari libur nasional 2020 di bulan Maret terdapat dua kali, yaitu pada tanggal 22 Maret untuk hari Isra Mi’raj dan 25 Maret untuk memperingati Hari Raya Nyepi. Peringatan Isra Mi’raj ini sangat penting untuk umat Islam karena memperingati perjalanan spiritual Rasulnya. Nyepi adalah hari raya untuk umat Hindu untuk penyucian dewa dewa. Tanggal merah di bulan April pada tanggal 10 sebagai peringatan wafatnya Isa Al Masih atau Jumat Agung.

3. Mei

Bulan kelima ini memiliki tanggal libur lebih banyak. Pertama tanggal 1 Mei yang sebagai hari buruh untuk rakyat Indonesia. Kedua tanggal 7 sebagai Hari Raya Waisak yang memperingati meninggalkan Buddha Gautama untuk umat Buddha. Ketiga tanggal 21 sebagai Kenaikan Isa Al Masih yang diperingati oleh umat Kristiani. Terakhir untuk Hari Raya Idulfitri yang jatuh pada tanggal 24 dan 25 Mei dengan sebelumnya cuti bersama pada 22 Mei.

4. Juni – Juli

Periode selanjutnya yang dapat anda jadikan waktu berlibur berada di rentang yang cukup jauh. Pertama pada tanggal 1 Juni yang diperingati sebagai hari lahir Pancasila yang menjadi titik bersejarah bagi rakyat Indonesia. Hari libur Nasional 2020 ini penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara. Libur kedua jatuh pada 31 Juli yang diperingati sebagai Hari Raya Iduladha, hari raya umat Islam yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban.

5. Agustus

Agustus menjadi bulan yang sangat penting untuk rakyat Indonesia karena pada 17 Agustus diperingati sebagai hari Kemerdekaan. Banyak perayaan yang dapat dilakukan, seperti upacara, lomba, dan berbagai rangkaian lain. Pada 20 Agustus sebagai Tahun Baru Hijriyah yang tepat dengan hijrahnya Rasul dari Mekah ke Madinah. Tanggal 21 Agustus dijadikan sebagai hari cuti bersama dari perayaan tahun baru Islam.

6. Oktober – Desember

Rentang hari untuk berlibur kali ini lebih jauh. Pertama di bulan Oktober yang jatuh pada 29 Oktober untuk memperingati Maulid Nabi bagi umat Islam. Di bulan Desember jatuh pada 24 Desember sebagai cuti bersama untuk menyambut Natal pada 25 Desember. Libur ini dapat dinikmati oleh seluruh penduduk dunia. Terakhir liburan yang tepat di tanggal 28 sampai 30 di bulan Desember untuk menyambut tahun baru 2021.

Liburan yang matang memang harus direncanakan sejak dini. Salah satu cara yang tepat untuk perencanaan tersebut adalah mengetahui hari hari yang libur sepanjang tahun 2020. Meskipun tanggal merah atau libur tidak berurutan, tetapi anda dapat melakukan liburan singkat bersama keluarga. Liburan singkat ini dapat dilakukan untuk merefresh pikiran dan tubuh agar lebih rileks untuk aktivitas selanjutnya. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *