Sudah Tahu 6 Penyebab Sperma Encer? Yuk Intip Penjelasannya Disini

Salah satu hal yang berkaitan dengan masalah seputar reproduksi pria adalah sperma yang dihasilkan. Dari segi medis, sperma tersebut juga dapat berisiko mengalami beberapa gangguan yang ada. Misalnya adalah cairan sperma yang lebih encer daripada sperma pada umumnya. Tentu hal tersebut juga disebabkan karena alasan tertentu di baliknya. Berikut ini mari simak apa saja penyebab dari keadaan tersebut disini.

Faktor yang Dapat Memicu dan Menyebabkan Sperma Menjadi Encer

1. Terlalu Sering Ejakulasi Dini

Salah satu hal yang menyebabkan sperma yang encer adalah terlalu sering ejakulasi dini. Hal tersebut merupakan penyebab yang paling umum terjadi. Sering melakukan masturbasi juga dapat menjadi penyebab sperma encer. Hal inilah yang menjadikan kegiatan seksual seperti masturbasi layak untuk diperhatikan dan disikapi dengan bijak. Diharapkan dengan cara tersebut akan meningkatkan kualitas sperma yang ada.

2. Kadar Sperma di Bawah Normal

Hal lainnya yang juga merupakan penyebab dari encernanya cairan sperma adalah dilihat dari aspek kadar sperma tersebut. Jumlah sel sperma pada air mani yang terlalu sedikit tentu menyebabkan sperma menjadi encer. Hal ini juga dapat disebabkan karena faktor tertentu di baliknya. Misalnya adalah disebabkan karena kekurangan zat besi akibat kurangnya mengonsumsi jenis makanan tertentu.

3. Kekurangan Fruktosa dalam Tubuh

Tak hanya kekurangan zat besi saja, hal lain yang dapat menyebabkan cairan sperma menjadi encer adalah kekurangan fruktosa. Kekurangan fruktosa yang merupakan penyebab sperma encer ini sendiri dapat disebabkan karena pola makan yang buruk. Aktivitas yang berat seperti terlalu keras dalam berolahraga juga dapat menyebabkan keadaan sperma menjadi seperti itu. Dengan informasi ini diharapkan mampu membantu upaya pencegahan yang ada.

4. Terjadinya Retrogade Ejaculation

Hal lain yang menjadi penyebab dari sperma yang encer adalah ejakulasi terbalik yang terjadi. Retrogade ejaculation tersebutlah yang dapat memicu terjadinya ketidaksuburan pada seorang pria. Pada kondisi ini, tentu saja diperlukan penanganan yang tepat oleh tenaga ahli dalam mengatasinya. Dengan bantuan dokter, pasien yang mengalami hal tersebut juga akan menerima resep obat obatan yang membantu pemulihan akan hal tersebut.

5. Kekurangan Zat Zinc pada Tubuh

Tak hanya kekurangan fruktosa saja, kekurangan zinc pada seorang pria juga dapat memic terjadinya kasus ini. Mineral zinc atau seng sendiri memiliki kemampuan dalam mempengaruhi jumlah sel sperma yang dihasilkan. Meskipun zinc sering disebut mirip dengan zat besi, namun kedua jenis zat tersebut memiliki peran yang berbeda bagi tubuh seseorang. Kekurangan zat zinc ini juga akan mempengaruhi kinerja dari otak.

6. Kematangan Sistem Reproduksi

Hal lain yang tidak boleh luput dari keadaan berupa encernya sperma adalah belum matangnya sistem reproduksi. Tentu sistem reproduks yang belum matang biasanya terjadi pada seorang anak laki laki yang baru beranjak dewasa. Hormon dari remaja tersebut juga masih dalam tahap perkembangan sehingga akan berpengaruh pula akan banyak hal. Misalnya adalah menyebabkan cairan sperma yang ada menjadi lebih encer daripada yang seharusnya.

Banyak hal yang dapat memicu terjadinya kasus seperti sperma yang encer pada seorang pria. Mulai dari kekurangan jenis zat tertentu di dalam tubuh hingga dari kebiasaan atau aktivitas seksual yang terlalu sering dilakukan. Seperti misalnya ialah kekurangan zat besi dan juga zat fruktosa pada tubuh seseorang. Faktor usia dan kematangan sistem reproduksi seseorang juga dapat berpengaruh pada kualitas dari sperma dan air mani yang dihasilkan oleh tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *