Sudah Tahu Proses Klaim Asuransi Mobil

Jika anda memiliki mobil tentu saja haruslah siap untuk menghadapi resiko ketika mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Hal yang bisa saja terjadi menimpa mobil anda adalah lecet, kecelakaan, kebakaran atau hilang. Untuk itu para pemilik kendaraan roda empat, tentu saja harus memiliki asuransi yang bisa digunakan ketika terjadi kecelakaan. Karenanya, anda haruslah mengetahui bagaimana cara proses klaim asuransi mobil. Simak ulasannya berikut.

Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Klaim Asuransi Kendaraan Anda

1. Menghubungi Pihak Asuransi

Hal yang pertama yang perlu anda lakukan untuk melakukan klaim terkait asuran mobil anda adalah dengan menghubungi pihak asuransi mobil. Untuk informasi, biasanya pelaporan klaim dari asuransi mobil anda setidaknya maksimal 3 x 24 jam setelah kecelakaan atau kehilangan terjadi. Tentu saja, sangat disarankan bagi anda untuk segera melapor secepat mungkin ketika terjadi hal yang buruk terhadap mobil anda kepada perusahaan asusransi.

Proses Klaim Asuransi Mobil

Hal tersebut dikarenakan agar proses klaim asuransi mobil anda dapat segera diproses. Sebaiknya anda perlu mengingat setiap kronologi perkara atau kejadian yang dialami ketika kecelakaan terjadi sehingga membuat mobil anda mengalami kerusakan. Jika terjadi kecelakaan ada baiknya jika anda menghubungi dahulu perusahaan asuransi sebelum memasukkannya ke ke dalam bengkel.

2. Tata Cara Klaim Asuransi Mobil Agar Berjalan Lancar

Untuk dapat melakukan klaim terhadap asuransi mobil anda, pastikan anda perlu memperhatikan hal-hal yang penting dalam polis, seperti keterlambatan pelaporan klaim dari batas waktu pelaporannya. Jika anda termasuk pengemudi yang tidak memiliki SIM, maka klaim yang telah dilaporkan tidak akan dijamin dalam polis. Untuk itu, anda juga harus segera melengkapi berbagai dokumen klaim yang dibutuhkan. Seperti formulir klaim yang telah diisi sesuai petunjuk, foto copy polis asuransi, SIM, STNK, dan surat keterangan dari kepolisian.

Setelah itu, pastikan bahwa kendaraan yang anda kendarai tidak digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum. Jika anda mengalami kecelaakan, jangan lupa untuk menyertakan bukti berupa foto atau dokumentasi terlebih dahulu mengenai kendaraan anda. Hal ini dikarenakan agar proses klaim asuransi mobil anda dapat diurus dengan cepat. Jika kerusakan terjadi dengan sengaja maka tentu saja pihak asuransi tidak akan menanggung biaya.

Klaim Asuransi Mobil

3. Dokumen Yang Harus Dilengkapi Untuk Klaim Asuransi

Tiap asuransi mobil tentu saja memiliki prosedur dan tata cara yang berbeda. Namun, anda bisa berjaga-jaga karena secara umum kelengkapan dokumen yang perlu anda siapkan untuk melakukan klaim asuransi mobil kurang lebih sama. Pertama anda harus menyiapkan formulir klaim yang telah diisi lengkap. Selanjutnya anda bisa melakukan fotokopi polis asuransi anda. Anda juga harus mempunyai foto kopi SIM, atau klaim anda akan ditolak jika tidak mempunyainya.

Selanjutnya anda juga perlu menyiapkan foto kopi KTP beserta surat keterangan dari pihak kepolisian. Jika keadaan memungkinkan, anda juga bisa menyerahkan bukti berupa foto kondisi mobil saat kecelakaan. Maka barulah proses klaim asuransi mobil anda akan bisa diproses oleh perusahaan penyedia asuransi. Apabila kecelakaan yang terjadi melibatkan pihak lain atau pihak ketiga dan anda bersedia membayar ganti ruginya, maka ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi.

Jika mobil anda hilang karena pencurian, maka anda perlu melengkapi dokumen berupa formulir klaim yang telah diisi, fotokopi KTP, SIM, STNK serta surat keterangan dari pihak kepolisian yang berkaitan tentang pencurian kendaraan. Serta anda juga bisa menyerahkan surat pemblokiran kendaraan agar klaim asuransi anda bisa diurus secepatnya. Memiliki asuransi tentunya bermanfaat, tetapi anda juga perlu menabung untuk mengatasi hal yang terjadi di luar kendali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *