Sudah Tahu Tips Menyusun Marketing Plan Yang Baik?

Bisnis yang dijalankan tanpa perencanaan yang matang, sudah tentu akan mengalami banyak kendala sepanjang perjalanannya. Perencanaan marketing dalam perusahaan besar maupun kecil, memiliki peran yang sama pentingnya dengan rencana bisnis. Marketing plan yang baik harus berfokus pada cara mempertahankan customer, kualitas produk, dan mengembangkan pemasaran. Berikut ini segudang tips menyusun rencana marketing yang wajib anda tahu.

Menyusun Rencana Marketing dari Analisis Situasi

Analis situasi merupakan gambaran situasi perusahaan anda, yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman. Faktor faktor internal dan eksternal inilah yang menjadi acuan untuk menyusun rencana pemasaran yang tepat, untuk mencapai target penjualan. Masing masing faktor tersebut harus dianalisa secara mendalam, agar produk atau jasa bisnis anda mampu bersaing di pasar.

Sudah Tahu Tips Menyusun Marketing Plan Yang Baik ada

Analisis situasi pada faktor internal bisnis, berfokus pada bagaimana bisnis anda memberi nilai yang lebih unggul dibandingkan kompetitor. Lakukan evaluasi dan perbaiki kelemahan kelemahan strategi bisnis dan kualitas produk, agar sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan target pasar. Kualitas sumber daya manusia dalam tim anda, juga tidak luput dari fokus analis ini.

Sedangkan analisis faktor eksternal mencakup peluang bisnis anda, untuk melebarkan sayap dan menjangkau pasar yang lebih besar. Termasuk juga memprediksi segala ancaman dan kemungkinan buruk yang mungkin akan dihadapi, serta menyiapkan solusi solusinya. Analisa produk juga penting dilakukan, karena selera dan kebutuhan pasar akan berubah ubah. Analisa semua faktor ini akan sangat membantu menentukan marketing plan berikutnya.

Membagi Job Description Yang Jelas

Rencana pemasaran bisnis anda mencakup begitu banyak hal, yang tidak mungkin bisa anda lakukan semuanya sendirian. Untuk itu anda perlu membentuk sebuah tim yang solid, terdiri dari orang orang yang cukup berpengalaman atau setidaknya bisa diandalkan. Buatlah rincian tugas tugas yang harus dijalankan, sehingga semua orang di dalam tim anda memahami visi misi dan target perusahaan, serta tanggung jawab, resiko, dan job description masing masing.

Mengembangkan Komunikasi Marketing

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekati pasar, dan mengkomunikasikan produk atau jasa yang anda miliki. Di era serba digital saat ini, manfaatkan segala kemudahan akses internet sebagai media komunikasi marketing yang efektif. Mau tidak mau anda harus mengikuti perkembangan trend, dan mencari tahu apa yang sedang menjadi magnet pengguna media sosial.

Gunakan platform platform yang difavoritkan kebanyakan internet user, sebagai tempat anda memasang iklan produk dan jasa. Jika segmentasi pasar anda adalah generasi muda, maka publikasikan produk melalui Instagram dengan grafis menarik dan bahasa kekinian yang lebih mudah diterima. Sebaliknya, jika bisnis anda menyasar karyawan atau instansi, sebaiknya gunakan pendekatan yang lebih formal.

Sudah Tahu Tips Menyusun Marketing Plan Yang Baik ini

Menetapkan Perhitungan Biaya Pemasaran

Aktivitas pemasaran pasti membutuhkan biaya, yang nominalnya beragam sesuai dengan strategi yang anda pilih. Setelah melakukan analisa situasi dan menentukan pangsa pasar, kini saatnya menyiapkan anggaran pemasaran. Rencana marketing yang baik bukan berarti mencantumkan budget pemasaran yang mewah, namun anggaran yang terjangkau oleh perusahaan dan tepat guna. Jika diperlukan, masukkan budget cadangan sebagai antisipasi kendala di masa mendatang.

Semua poin perencanaan marketing ini, sebaiknya harus selalu ditinjau dan dievaluasi secara berkala. Rencana bisnis dan strategi marketing bisnis seharusnya bersifat fleksibel, agar mudah beradaptasidengan segala perubahan situasi karena tidak semua prediksi anda benar. Maka jangan ragu untuk merevisi rencana pemasaran sesering mungkin. Nah, apakah rencana marketing anda sudah mencakup poin poin tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *