Tau Bagaimana Kepuasan Pelanggan

Pelanggan merupakan elemen penting bagi perusahaan agar terus berkembang. Sebab, pelanggan akan melakukan pembelian berulang, dimana berpotensi untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan. Untuk mengetahui sejauh mana pelanggan tertarik dengan produk atau jasa perusahaan, diperlukan metode khusus untuk memantau sekaligus mengukur kepuasan para pelanggan. Yuk simak bagaimana metode kepuasan pelanggan bagi perkembangan perusahaan.

Metode yang Digunakan Untuk Mengukur Tingkat Puas Pelanggan

1. Menganalisis Mantan Pelanggan

Perusahaan, tentu memiliki pelanggan yang kini telah beralih ke perusahaan lain. Namun hal ini bukanlah akhir dari perjalanan bisnis yang tengah anda rintis. Justru dengan adanya hal ini, perusahaan bisa memanfaatkannya sebagai perluang untuk meningkatkan tingkat puas pelanggan, yang mungkin sebelumnya belum bisa dipenuhi oleh perusahaan . oleh kerena itu, banyak pelanggan yang kahirnya memutuskan untuk beralih ke perusahaan saingan anda.

Mau tau kepuasan pelanggan

Untuk mengetahui tingkat puas pelanggan anda, tentu perusahaan perlu untuk menghubungi pelanggannya yang telah berhenti menjadi pembeli tetap ataupun yang telah berpindah pemasok. Hal ini dilakukan, agr perusahaan memahami alasan kenapa pelanggan tersebut berpindah atau berhenti. Jika sudah mengetahui alasannya, maka perusahaan telah memiliki solusi agar pelanggan tetap membeli produk perusahaan anda.

2. Lakukan Survei Untuk Tingkat Kepuasan

Hal umum yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan survei kepuasan pelanggan. Sebelum melakukan survei tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatiakn agar mendapatkan jawaban yang akurat. Apabila jawaban yang diberikan akurat, tentu bermanfaat untuk mengetahui tingkat puas pelanggan yang menggunakan produk atau jasa perusahaan anda.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari untuk memberikan pertanyaan yang terlalu banyak, sebab pelanggan bisa saja merasa bosan dengan percakapan anda. Agar percakapan tidak membosankan, anda bisa memberikan arahan pertanyaan yang jelas, sehingga konsumen dapat menjawabnya dengan tepat. Jika ada kemungkinan, perusahaan bisa memberikan reward atau memberikan diskon agar konsumen merasa puas.

Selain itu, perusahaan bisa memilih media yang dianggap paling efelktif untuk melakukan survei trsebut. Hal ini perlu pertimbangan yang matang, sebab survei yang dilakukan harus tepat sasaran. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran akibat melakuakn survei yang kruang efektif. Jawaban yang diberikan konsumen, dapat menunjukkan tingkat kepuasan konsumen.

kepuasan pelanggan

3. Mengetahui Adanya Keluhan Dan Saran

Keluhan yang tidak ditanggapi, akan mempengaruhi kepuasan pelanggan di kemudian hari. Oleh karena itu, keluhan maupun saran yang disampaikan langsung, akan sangat berarti bagi perusahaan. Pelanggan yang aktif, tentu akan memberikan kritikan maupun saran kepada perusahaan. Mendapatkan saran ataupun dengar keluhan dari konsumen, perusahaan tau apakah konsumen tersebut senang atau kecewa terhadap pelayanan yang diberikan.

Perusahaan bisa menggunakan media untuk menampung segala keluhan dan saran, seperti menyediaan kotak saran yang diletakkan di tempat yang cukup strategis. Kartu sasaran ini bisa dikirimkan melalui pos ataupun melalui saluran telephon yang bebas biaya. Kartu tersebut, bisa berisikan kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa, kualitas produk, hingga kualitas pelayanan yang diberikan. Hal ini akan tergantung dengan konsumen yang memberikan nilai.

Kemajuan teknologi ternyata bisa dimanfaatkan untuk memberikan saran maupun kritikan melalui email maupun sosial media. Ketika perusahaan memaksimalkan pengunaan media baru ini, membuat konsumen lebih cepat alam memberikan penilaian dan dirasa lebih efisien. Informasi mengenai saran dan keluhan ini, nantinya bisa dijadikan ide segar untuk mengatasi kepuasan pelanggan kedepannya.

Pemantauan terhadap tingkat kepuasan menjadi sangat penting bagiperusahaan. Sebab, konsumen dapat memberikan timbal balik dan masukan kepada perusahaan, dimana segala informasi tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan dan memperbaiki layanan yang ada sebelumnya. Beberapa metode untuk mengukur tingkat puas pelanggan pun dilakukan, agar mendapatkan jawaban terbaik untuk perkembangan perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *