Tingkatkan Okupansi, Yuk Simak 5 Strategi Marketing Hotel Paling Ampuh!

Di era digital dimana pasar lebih sering mengandalkan internet untuk segala keperluan, pelaku industri perhotelan dan tim marketingnyadiharapkan mampu menarik perhatian konsumen melalui pemasaran online. Salah satunya untuk meningkatkan okupansi hotel, anda harus bisa memberikan layanan yang mudah diakses secara online oleh calon tamu. Bagaimana caranya? Yuk simak strategi marketing hotel online berikut!

5 Strategi Marketing Online Ini Mampu Tingkatkan Okupansi Hotel

1. Promosi Hotel Melalui Media Berbayar

Membuat akun media sosial dan website resmi hotel, adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai marketing secara online. Kedua platform ini merupakan katalog online yang bisa dikunjungi 24 jam oleh calon tamu. Cantumkan informasi detail tentang lokasi, fasilitas, akses transportasi menuju hotel, serta tempat tempat menarik di sekitar hotel. Buatlah konten yang menarik dan up to date setiap hari, agar konsumen lebih familiar dengan produk hotel anda.

Tingkatkan Okupansi Yuk Simak 5 Strategi Marketing Hotel Paling Ampuh nih

Selain itu, penting juga untuk melakukan strategi marketing hotel melalui sejumlah media berbayar. Jika pada pemasaran konvensional anda membeli kolom iklan di majalah dan koran, kini promosi bisa lebih efektif dengan bantuan Google Ads, Instagram Ads, Youtube Ads, dan Facebook. Gunakan keyword yang simpel dan mengena misalnya hotel di Yogyakarta, untuk bsia langsung menjangkau target pasar.

2. Tawarkan Promo Khusus dengan Perusahaan Tour Travel

Pemasaran hotel kini juga dimudahkan dengan banyaknya jasa perjalanan wisata online, dimana konsumen bisa melakukan reservasi hotel, transportasi, dan paket paket wisata, tanpa harus mendatangi hotel atau bandara. Itulah alasan kenapa anda sebaiknya bekerjasama dengan perusahaan tour travel tersebut. Berikan daftar harga semua jenis kamar hotel anda, dan tawarkan promo khusus pada calon tamu yang memesan kamar melalui jasa tour travel rekanan anda.

3. Pikat Calon Tamu dengan Pengalaman yang Unik

Selain mengunggulkan lokasi strategis dan fasilitas yang dimiliki, perluas fokus promosi dengan menawarkan pengalaman unik yang hanya akan didapat tamu jika menginap di hotel anda. Strategi marketing hotel dengan cara ini terbukti ampuh, dengan banyaknya foto foto rekomendasi hotel di media sosial. Terlebih jika hotel anda berlokasi di kawasan wisata, deskripsikan pengalaman menarik apa saja yang akan sayang dilewatkan oleh wisatawan jika memilih hotel anda.

4. Tunjukkan Ciri Khas Hotel

Pahami betul siapa yang menjadi target pasar hotel anda, misalnya wisatawan kelas high end, keluarga kelas menengah, atau backpackers muda. Dengan menunjukkan ciri khas hotel anda sesuai pangsa pasar, tingkat okupansi hotel akan naik meski persaingan di lokasi tersebut cukup tinggi. Carilah konsep unik yang mampu mencuri perhatian target tamu, contohnya hotel desain retro, atau hotel dengan nuansa natural yang kental.

Tingkatkan Okupansi Yuk Simak 5 Strategi Marketing Hotel Paling Ampuh

5. Fokus pada Tamu Potensial

Tak diragukan lagi bahwa mendapat pemesanan kamar dari tamu yang pernah menginap, lebih mudah dibandingkan dari calon tamu yang belum pernah datang ke hotel anda. Untuk itu, strategi marketing hotel yang dilakukan sebaiknya juga menyasar tamu tamu yang berpotensi menjadi repeat guest. Berikan servis layaknya menyambut keluarga, sehingga mereka akan merasa rindu untuk kembali menikmati pengalaman menginap di hotel anda.

Sejuta strategi pemasaran yang berkembang di ilmu marketing, bisa diaplikasikan di hampir semua bidang industri termasuk pariwisata dan perhotelan. Meningkatnya jumlah hotel di kota kota destinasi wisata populer, mendorong pelaku bisnis perhotelan mampu menaikkan tingkat okupansinya dengan jurus jurus marketing yang lebih efektif. Sudahkah anda menerapkan strategi tersebut?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *