Tips Memakan Makanan Pedas Agar Tidak Mengganggu Kesehatan

Siapa yang tidak menyukai makanan dengan cita rasa pedas?Kebanyakan orang Indonesia memang menyukai makanan yang bercita rasa pedas. Jika tidak ada cita rasa tersebut, bahkan bisa-bisa makanan yang disantap akan terasa hambar. Akan tetapi, pastikan memakannya dengan tepat agar tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Cara Memakan Makanan Pedas Agar Tetap Sehat

Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan agar tetap sehat meski mengonsumsi makanan dengan cita rasa yang cukup pedas. Dengan begitu, saat memakan makanan pedas tubuh tidak akan terganggu. Di bawah ini cara memakan makanan pedas yang perlu Anda perhatikan agar tetap dapat menjaga kesehatan dengan baik:

1. Hindari makan pedas ketika perut kosong

Apabila Anda ingin mengonsumsi makanan dengan cita rasa pedas, contohnya saus sambal.Pastikan untuk tidak mengonsumsinya saat perut dalam keadaan kosong. Pasalnya, perut yang kosong tentu akan kaget apabila langsung diisi dengan makanan yang cukup pedas. Hal tersebut hanya akan menyebabkan asam lambung menjadi naik dan perut pun mulai sakit.

saus sambal Tips Memakan Makanan Pedas ini

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi makanan dengan cita rasa pedas saat perut kosong juga akan menyebabkan keadaan asam lambung menjadi lebih memburuk. Bahkan Anda bisa mendapatkan gejala yang lebih serius.

2. Perhatikan porsi makanan pedasnya

Setiap orang memang menyukai makanan pedas.Kebanyakan orang juga percaya bahwa dengan mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan selera makan mereka.Tidak jarang hal tersebut menyebabkan orang tidak memperhatikan porsi makan pedas mereka.Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan porsi makanan saat mengonsumsi pedas. Dengan makan makanan yang cukup tentu tidak akan ada masalah kesehatan yang mengganggu tubuh.

3. Minum susu

Perlu Anda ketahui, cabai memiliki senyawa bernama capsaicin yang dapat memicu rasa nyeri serta sensasi terbakar di dalam mulut serta pencernaan. Akan tetapi, senyawa tersebut pada dasarnya tidak akan mudah untuk dihilangkan hanya dengan menggunakan air saja. Hal tersebut karena senyawanya yang terdiri dari minyak.

Oleh karena itu, Anda bisa meminum susu sebagai solusinya..protein yang ada dalam susu dapat mengeluarkan capsaicin dan mengikatnya sehingga sistem pencernaan akan terasa jauh lebih baik meski mengonsumsi makanan pedas.

4. Gosok gigi setelah makan pedas

Setelah mengonsumsi makanan pedas, termasuk saus sambal.Ada baiknya bagi Anda untuk menggosok gigi terlebih dahulu. Pasalnya, hal tersebut tidak hanya akan meringankan dan mengusir sensasi pedas dari dalam mulut. Akan tetapi juga dapat membantu memelihara kesehatan mulut dan juga gigi.

Hal ini tidak lain karena makanan pedas dapat memicu mulut menjadi panas. Napas pun juga menjadi tidak segar. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menggosok gigi untuk menghilangkan sensasi tersebut.

5. Hindari makan pedas sebelum tidur

Ada banyak orang yang tidak memperhatikan kapan mengonsumsi makanan pedas.Padahal, mengonsumsi makanan pedas
sebelum tidur bisa saja menyebabkan gangguan pencernaan. Hal tersebut tentu saja akan menyebabkan tidur menjadi kurang nyenyak dan terganggu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari makanan pedas menjelang tidur.

saus sambal Tips Memakan Makanan Pedas banget

Terlebih, makan makanan pedas sebelum tidur juga hanya akan meningkatkan risiko refluks asam lambung. Hal tersebut tidak lain karena isi perut akan lebih banyak mengalir menuju kerongkongan saat posisi berbaring. Lantas, bagaimana bisa tidur tidak terganggu? Jika ingin tetap mengonsumsi pedas, maka Anda bisa melakukannya minimal tiga jam sebelum terlelap.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Anda tetap bisa menjaga kesehatan meskipun gemar mengonsumsi makanan pedas. Dengan menerapkan cara tersebut tentu mengonsumsi makanan pedas akan lebih aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *