Variable Kepercayaan Konsumen Terhadap Jasa Kurir

Di era saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu yang paling santer terjadi. Berkembangnya berbagai hal juga di dasari oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dampaknya sangat luas dan terasa hampir di segala bidang industri. Salah satu yang terkena dampak dari perkembangan di bidang ini adalah industri yang bergerak di bidang jasa seperti jasa pengiriman barang.

Berkembangnya teknologi membuat industri jasa pengiriman ini juga semakin berkembang. Banyak sistem yang diterapkan mengikuti perkembangan zaman, mulai dari basis online yang disediakan oleh pihak kurir, jasa kirim paket satu hari sampai , hingga adanya metode pelacakan barang yang dikirim menggunakan nomor resi. Semua itu dilakukan oleh pihak penyedia jasa agar kepercayaan dari konsumen tetap terjaga.

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis jasa kurir pengiriman barang ini dapat dikatakan menjadi salah satu sektor yang berkembang dengan sangat pesat. Bagaimana tidak, setidaknya pada tahun 2014 ini pertumbuhan dari bisnis jasa kurir pengiriman barang ini mencapai 14,7%. Setiap tahunnya keuntungan yang didapatkan dari sektor ini mencapai 100 triliun rupiah pertahunnya. Hal tersebut menjadi sangat fantastis. Di tahun 2014 saja terdapat total transaksi yang menghasilkan 150 triliun Rupiah, dan pada tahun 2015 nilai tersebut kian naik di angka 240 triliun Rupiah. Dengan adanya fakta tersebut, bukan hal yang mengagetkan jika sektor ini menjadi salah satu ladang yang menggiurkan.

Variable Kepercayaan Konsumen Terhadap Jasa Kurir

Dengan adanya fakta bahwa sektor jasa kurir pengiriman barang ini menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan, perlu ditekankan bahwa pihak-pihak yang hendak terjun atau sudah berada dalam lingkaran jasa tersebut harus mengedepankan pelayanan dan pemberian servis yang terbaik untuk para konsumen. Kepercayaan konsumen kepada pihak penyedia jasa ini akan menjadi faktor kunci pihak penyedia jasa untuk terus eksis dalam industri tersebut.

Berbicara terkait dengan faktor atau variable yang menjadi faktor kepercayaan konsumen terhadap pihak penyedia jasa kurir, ada beberapa hal yang menjadi poin penting. Beberapa penelitian pernah dilakukan terkait dengan hal tersebut. Salah satu penelitian yang membahas masalah ini dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengukur pengaruh kualitas layanan terhadap kepercayaan dan loyalitas konsumen. Dalam penelitian tersebut, faktor atau variable utama yang diukur sebagai tolak ukur dari kepercayaan konsumen adalah ketepatan waktu pengiriman, layanan pengaduan, web pemberi informasi kepada konsumen, resiko kehilangan, dan tingkat loyalitas.

Ketepatan waktu pengiriman menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Perilaku konsumen biasanya akan memilih jasa pengiriman dengan jangka waktu pengiriman yang paling singkat, tentu dengan harga yang terjangkau. Penyedia jasa kurir dapat memberikan layanan jasa kirim paket satu hari sampai untuk mengatasi hal tersebut. Namun, pastikan waktu pengirimannya tepat waktu dan tidak ada keterlambatan.

Layanan pengaduan dan juga web pemberi informasi menjadi satu faktor yang penting karena kedua hal tersebut menjadi jembatan penghubung antara pihak konsumen dan juga penyedia jasa. Pengaduan yang responsif dan juga web yang informatif akan sangat membantu konsumen dalam mengirimkan barang. Kepercayaan konsumen juga dapat terbangun dari sini.

Faktor penting lagi adalah minim atau tidak adanya resiko kehilangan serta adanya pemberian asuransi kepada barang yang dikirim oleh konsumen. Kerap kali ditemui adanya kehilangan barang atau barang tidak sampai ke tujuan. Pihak penyedia jasa sebaiknya dapat mengatasi hal tersebut karena kehilangan barang yang dikirim akan secara drastis menghilangkan kepercayaan konsumen.
Jika semua hal tersebut dapat dipenuhi oleh pihak penyedia jasa kurir pengiriman barang, maka konsumen akan menjadi loyal menggunakan jasa tersebut. Loyalitas konsumen tentu menjadi salah satu kunci penting dalam membangun kepercayaan terhadap pihak penyedia jasa pengiriman barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *