Wajib Tahu, Yuk Intip Cara Mencuci Celana Jeans Biar Warna Tak Cepat Pudar

Jeans merupakan salah satu jenis celana yang banyak digemari oleh kebanyakan orang. Biasanya jeans yang memiliki kualitas baik akan awet saat dipakai dalam waktu yang lama. tidak hanya itu, celana yang terbuat dari bahan jeans ini semakin lama dipakai atau semakin tua akan terasa semakin nyaman. Oleh karena itu, sangat penting untuk tahu cara mencuci celana jeans biar warna tak cepat pudar dan tetap awet. Yuk simak cara tersebut disini.

Cara Tepat Mencuci Celana Jeans Agar Warna Tak Mudah Pudar

1. Periksa Suhu Air yang Dianjurkan

Sebelum memutuskan mencuci jeans, maka ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu anjuran suhu air yang biasanya ada di label perawatan yang tertera di celana. Perlu diketahui bahwa suhu air yang terlalu tinggi bisa menyebabkan warna asli jeans menjadi pudar. Namun jika keterangan tersebut tidak ada pada label perawatan, maka jeans tersebut dapat dicuci dengan air dingin saja.

2. Balik Bagian Dalam Jeans

Baik mencuci dengan tangan ataupun mesin cuci, maka jangan lupa untuk membalik jeans agar warnanya tidak pudar. Tak lupa juga, pasang kancing dan tutup ritsleting celana. Membalik jeans diyakini dapat mencegah warna memudar, sedangkan memasang kancing dan menutup ritsleting akan mencegah benda tersebut tersangkut saat berada dalam mesin cuci. Namun jika mencuci dengan tangan, usahakan tidak menggosoknya dengan terlalu keras.

3. Pilih Detergen yang Cocok

Agar warna jeans tidak mudah pudar, maka ada baiknya memilih detergen yang cocok. Sebaiknya gunakan detergen bubuk yang lembut juga memiliki kandungan pencerah warna, sehingga akan menjaga warna asli pada jeans tetap awet. Jika jeans berwarna hitam, maka ada baiknya gunakan air dingin dengan tambahan secangkir cuka putih. Dimana campuran tersebut akan menjaga jeans tetap hitam. Setelah itu baru cuci jeans dengan detergen biasa.

4. Rendam Jeans Dengan Air Dingin dan Cuka

Selain itu, cara mencuci celana jeans agar warnanya tidak pudar juga bisa dengan metode merendam jeans menggunakan air dingin yang sudah dicampur cuka. Metode tersebut terbukti efektif untuk mengangkat kotoran. Tidak perlu takut dengan adanya bau cuka yang menyengat, sebab saat jeans kering maka bau cuka tersebut akan hilang dengan sendirinya.

5. Keringkan Jeans Sebentar Di Mesin Pengering

Jika mencuci dengan mesin cuci, maka ada baiknya mengeringkan jeans di mesin pengering hanya sebentar saja sebelum digantung di luar atau dijemur. Perlu untuk menghindari mengeringkan jeans di mesin pengering hingga benar benar kering, pasalnya hal tersebut dapat membuat celana menjadi menyusut. Namun secara umum setelah dicuci, jeans akan menyusut namun akan kembali ke bentuk semula setelah dipakai beberapa kali.

6. Jemur Jeans Langsung Di Udara Terbuka

Celana dari bahan jeans memang terkenal sangat berat dan susah kering jika dicuci. Oleh karena itu ada baiknya untuk mengeringkannya dengan cara dijemur langsung di udara terbuka seusai dicuci. Namun ada baiknya tidak menjemurnya langsung di bawah sinar matahari, sebab panas matahari langsung bisa membuat warna jeans memudar. Idealnya jeans tidak perlu dicuci kurang lebih selama enam bulan pertama guna mencegah warna menjadi pudar.

Itulah beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan pada saat mencuci celana jeans agar warnanya tidak memudar. Selain itu ada baiknya tidak melipat jeans beberapa kali dan menyimpannya bertumpuk tumpuk, sebab akan membuat warna pudar pada bagian lipatan jeans. Oleh karena itu, akan lebih baik jika jeans digantung dengan gantungan atau hanger saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *