Waspadai Faktor Penyebab Munculnya Kanker Payudara Terutama Wanita

Kanker merupakan penyakit yang hingga sekarang belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Selain belum diketahui secara pasti penyebab kanker, pengobatan kanker juga belum sempurna sehingga hingga kini kemoterapi adalah pilihan pertama dalam penanganan pasien kanker. Padahal, jika dilakukan secara terus menerus, kemoterapi juga berbahaya untuk tubuh pasien karena obat kemo tidak hanya membunuh sel kanker, namun juga ikut membunuh sel sehat dalam tubuh. Kanker payudara adalah salah satu dari sekian banyak jenis kanker yang paling sering terjadi.

Kanker jenis ini umumnya menyerang wanita, meski pada beberapa kasus tercatat pria yang menderita kanker ini. Oleh karena itu, anda dianjurkan sejak dini untuk menjaga kesehatan payudara. Bagaimana cara mengetahui jika ada hal yang aneh pada payudara? Cara termudah adalah dengan melakukan pengecekan mandiri. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengangkat tangan dan meraba dari ketiak sampai area samping payudara. Jika terasa benjolan yang nyeri jika dipegang, sebaiknya anda perlu curiga. Terlebih lagi kalau ukuran benjolan terus membesar. Untuk kejadian seperti itu, jangan tunda lagi dan segera priksakan diri anda ke dokter. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya sel kanker di daerah payudara.

1.Pola Hidup Tidak Sehat

Konsumsi makanan cepat saji, tinggi gula, tinggi kolestrol sudah pasti akan menyebabkan penyakit di hari tua. Salah satunya kanker. Sel kanker bisa tumbuh di payudara anda jika semasa muda pola hidup anda tidak sehat. ditambah lagi jika dari keluarga anda memang memiliki bakat gen kanker. Sudah bukan rahasia umum lagi jika orang tua terkena kanker maka sel kanker pada anak juga bisa lebih mudah untuk tumbuh. Oleh karena itu, anda yang dalam keluarga merasa punya bakat gen kanker sebaiknya segera menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

Kanker Payudara Terutama Wanita

2.Paparan Radiasi

Radiasi tidak harus diperoleh dari alat yang bisa menghasilkan radiasi tinggi, tapi juga bisa diperoleh dari HP. Kebiasan menaruh HP di kantong yang terletak di baju ternyata juga tidak baik. Karena, radiasinya memancar langsung ke area payudara. Paparan yang rutin dan dalam jangka waktu lama ternyata bisa mengaktifkan sel kanker meski persentasenya kecil sekali. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk berhati-hati. Ubahlah kebiasaan tersebut dengan menaruh HP di kantong celana atau dalam tas saja.

3.Luka

Faktor yang satu ini sangat jarang terjadi. Anda pasti memiliki tahi lalat di area tertentu di tubuh. Untuk anda yang memiliki tahi lalat di payudara sebaiknya anda lebih waspada. Pasalnya, tahi lalat bisa berupa sel kanker yang tidak aktif. Apalagi jika tahi lalat tersebut membesar. Beberapa kasus melaporkan tahi lalat di area payudara yang tercungkil atau lecet bisa berubah menjadi kanker. Oleh karena itu, jika anda memilki tahi lalat di area tersebut sebaiknya dibiarkan saja. Hindari intensitas menyentuhnya untuk mengurangi resiko melukai tahi lalat. Jika tahi lalat semakin membesar dalam jangka waktu yang cepat, segera priksa ke dokter.

Kanker Payudara Terutama Wanita Benarkah Kanker Payudara Dapat Terjadi Pada Wanita Muda

Tiga faktor di atas adalah faktor yang paling sering dicurigai sebagai asal muasal munculnya kanker payudara. Meskipun begitu, kanker sama seperti penyakit lain yang bisa dicegah. Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, rajin olah raga, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol, dan kelola stress. Menjaga dan menerapkan pola hidup sehat adalah investasi jangka panjang untuk terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *