Yuk Cari Tahu 6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolestrol

Kolestrol disebabkan karena kadar lemak berlebih di dalam tubuh, dan mengancam gangguan kesehatan. Jika kadar kolestrol diluar batas normal, maka memicu munculnya penyakit jantung, stroke, dan obesitas. Bagi yang sudah terdeteksi kolestrol ringan, disarankan untuk konsumsi kolestrol pada makanan kurang lebih 200 mg per hari. Sedangkan bagi orang yang kadar kolestrolnya sudah tinggi harus menaati beberapa pantangan makanan. Berikut ulasan daftar makanan yang harus dihindari penderita kolestrol.

Daftar Makanan Penyebab Kolestrol Naik Dalam Tubuh

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau disebut junkfood memang terlihat nikmat, namun perlu dibatasi karena mengandung 85-180 mg kolestrol per porsi. Selain itu nilai gizinya juga kurang lengkap, sehingga makanan ini cukup sulit diurai oleh pencernaan. Kandungan lemak trans saat proses pengolahan makanan, menjadikan kadar kolestrol tinggi berkali lipat. Menyebabkan kolestrol LDL akan meningkat, sementara HDL dalam darah menurun. Sehingga berpotensi mengalami diabetes dan sakit jantung.

2. Satu Cup Es Krim

Biasanya es krim digunakan sebagai hidangan penutup, namun sekarang anda bisa menggantinya dengan buah segar. Karena dalam satu cup es krim mengandung lebih banyak kolestrol, dibandingkan makan satu buah burger. Kadar kalori yang tinggi memicu lemak tertimbun dalam tubuh, sehingga penyakit lebih mudah menyerang imunitas. Sebaiknya anda mulai mengonsumsi makanan rendah kalori, untuk menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh.

3. Gorengan Kering

Makan makanan berminyak seperti gorengan sebenarnya tidak baik untuk tubuh. Karena kandungan minyak atau margarin menyebabkan kolestrol meningkat. Belum lagi saat proses penggorengan yang menggunakan minyak jelantah, bekas menggoreng gorengan beberapa kali. Tanpa disadari anda sudah menimbun banyak kalori, dan meningkatkan resiko kesehatan. Sebaiknya anda mulai mengurangi untuk konsumsi gorengan, mulai ganti dengan makanan kukus atau rebus.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolestrol bahaya gorengan kata dokter doktersehat

4. Steak Daging

Membayangkan makan steak daging terasa sangat lezat dan kenyal di lidah, namun anda perlu waspada karena daging bepotensi kolestrol. Mengonsumsi daging terlalu sering dapat meningkatkan resiko terkena kanker usus. Meski begitu bukan anda tidak boleh mengonsumsi daging sama sekali, hanya membatasi jadwal untuk memakannya. Pilih daging tanpa lemak dengan kadar kolestrol rendah, seperti perut sapi dan daging domba.

5. Makanan Manis

Saat udara panas pasti anda membayangkan minum es kelapa atau es sop buah, segarnya terasa nikmat di tenggorokan. Sayangnya es manis termasuk makanan yang harus dihindari penderita kolestrol, karena mengandung banyak kalori. Sebagian besar makanan manis tidak memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Gula yang masuk dalam tubuh justru dapat meningkatkan resiko obesitas, penyakit jantung, hingga kanker.

6. Telur Ayam

Telur dapat menjadi sumber protein sehat untuk tubuh, selama tidak dikonsumsi setiap hari. Jika anda sudah makan telur sebagai menu sarapan, disarankan untuk tidak memakan telur saat makan siang atau malam. Hindari mengonsumsi telur dan jeroan atau daging berlemak dalam waktu berdekatan, karena memicu dampak kolestrol lebih cepat. Lebih baik anda mengonsumsi telur 4-6 kali per minggu, paling aman menggantinya dengan tahu atau tempe.

mau tau Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolestrol TELUR AYAM NEGRI CURAH

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan yang pantang dikonsumsi penderita kolestrol tinggi. Adanya pantangan ini untuk menjaga kolestrol tetap stabil dan tidak semakin meningkat. Tujuannya untuk mencegah resiko penyakit dalam tubuh, seperti stroke, serangan jantung, sakit di dada, hingga diabetes. Konsultasikan ke dokter secara rutin untuk mengecek kadar kolestrol. Umumnya akan dilakukan tes darah, untuk mengukur mulai dari tekanan darah hingga kadar gula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *