Yuk Cari Tahu Cara memilih Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua

Kondisi usia lanjut sangat rentan terkena penyakit. Berbagai penyakit yang mudah menyerang orang tua diantaranya kolesterol, diabetes hingga gagal jantung. Hal ini menyebabkan perlunya asuransi kesehatan bagi orang tua. Sebagai anak, anda pastinya ingin memberikan asuransi kesehatan yang terbaik untuk orang tua untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Agar tidak salah memilih, yuk simak tips mencari asuransi kesehatan untuk orang tua secara tepat.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Orang Tua

1. Meyesuaikan Asuransi Kesehatan yang Sesuai dengan Riwayat Penyakit

Sebelum memilih asuransi, sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu mengenai riwayat penyakit orang tua. Jika sebelumnya anda tidak mengetahui riwayat penyakit orangtua dengan baik, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Bawalah orang tua ke dokter terdekat untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Dengan mengetahui mengenai kondisi kesehatan orang tua, maka anda bisa memilih asuransi kesehatan yang lebih sesuai.

2. Memilih Asuransi Kesehatan dengan Dana Cash

Ketika anda memilih asuransi kesehatan, sebaiknya anda mencari perusahaan asuransi yang menawarkan dana cash. Mungkin anda akan jarang menemukan fitur ini dibeberapa asuransi kesehatan. Namun anda bisa mencoba menanyakan dana cash sebelum memilih asuransi kesehatan tersebut. Dana cash akan anda saya butuhkan jika biaya perawatan melebihi plafon yang ditentukan, sehingga anda tidak perlu menyiapkan biaya pengobatan yang kurang.

Yuk Cari Tahu Cara memilih Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua ini

3. Asuransi kesehatan dengan Adanya Perlindungan pada Penyakit Kritis

Asuransi kesehatan untuk orang tua sebaiknya memiliki perlindungan terhadap penyakit kritis seperti stroke, jantung koroner hingga gagal ginjal. Orang tua sangat rentan terhadap penyakit kritis tersebut, sedangkan biaya penanganan untuk penyakit kritis tidaklah sedikit. Umumnya, perusahaan asuransi tidak menyediakan perlindungan untuk penyakit kritis. Maka dari itu, anda perlu menanyakan apakah asuransi yang disediakan bisa memproteksi terhadap penyakit kritis.

4. Terdapat Tanggungan untuk Biaya Pengobatan Alternatif

Dalam beberapa kasus, pengobatan alternatif juga dibutuhkan karena menawarkan beberapa kelebihan. Diantaranya efek samping obat-obatan medis yang tidak berkebihan serta keinginan orang tua yang tidak mau jika dilakukan pengobatan di rumah sakit. Jika anda menemukan asuransi kesehatan yang juga menawarkan tanggungan untuk pengobatan alternatif, maka anda perlu menjadikannnya sebagai pilihan asuransi kesehatan bagi orang tua yang sakit.

5. Asuransi dengan Perlindungan yang Lama

Kondisi orang tua dengan usia yang lanjut tidak bisa diperkirakan hingga berapa lama bisa bertahan. Maka dari itu, mereka membutuhkan asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan hingga usia lanjut. Jika menemukan asuransi dengan proteksi yang lebih lama, maka sebaiknya anda memilihnya. Beberapa perusahaan asuransi kesehatan menawarkan proteksi hingga tertanggung memiliki usia lebih dari 100 tahun.

6. Memahami polish dengan Benar

Sebelum menandatangani polish, sebaiknya anda memahaminya dengan baik dan benar. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahpahaman yang membuat anda merasa di rugikan. Jika memang ada beberapa bagian yanag belum dipahami, sebaiknya anda menanyakannya pada pihak asuransi. Selain itu, anda juga perlu memberitahukan mengenai kondisi orang tua yang menjadi tertanggung dalam asuransi, agar pihak perusahaan bisa memahami resiko yang mungkin terjadi.

Memilih asuransi kesehatan memang tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi jika ditujukan untuk orang tua anda. Beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk memilih asuransi antara lain, tanggungan untuk penyakit yang kronis serta lamanya perlindungan asuransi. Jika ragu untuk memilih asuransi kesehatan, sebaiknya anda menyiapkan dana cadangan dengan cara menabung, sehingga anda lebih aman dari kerugian akibat membeli asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *