Yuk Cari Tau Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online

Setiap kendaraan bermotor, memiliki sebuah alat identifikasi yang cukup akurat bernama plat nomer kendaraan. Tanpa disadari sebuah plat nomer kendaraan yang selalu menempel pada bodi mobil, ternyata memiliki banyak manfaat. Anda juga bisa melacak kendaraan pribadi anda melalui plat nomer. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa, palt nomer ini merupakan primary key. Sudah tau cek pemilik plat nomor kendaraan online ? Simak cara berikut.

Cara Mengecek Plat Nomer Kendaraan

1. Mengenal Apa Itu Plat Nomer Kendaraan

Plat nomer biasanya terbuat dari potongan plat logam dan akan dipasangkan di bagian depan dan belakang kendaraan. Setiap plat, diberikan kode khusus yang berfungsi untuk menunjukkan daerah registrasi bagi pemilik kendaraan. Plat juga disebut sebagai primary key, karena berisikan berbagai macam informasi terkait registrasi kendaraan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika setiap kendaraan harus memasang plat tersebut setiap saat.

Bukan hanya sebagai aksesoris, plat kendaraan bermotor dapat memberikan informasi yang terpacu dari nomer yang ada pada STNK (Surat Tanda Kendaraan). Di dalam STNK, terdapat berbagai informasi detail mengenai tahun pembuatan plat nomer, warna kendaraan, hingga data pribadi sang pemilik kendaraan beserta alamatnya. Cek pemilik plat nomor kendaraan online menggunakan nomer registrasi, memudahkan polisi apabila terjadi suatu insiden yang tidak diinginkan.

Sudah banyak kasus yang melibatkan plat kendaran dan berhasil ditangkap oleh pihak berwajib. Misalnya, seperti kasus pencurian yang terekam dalam CCTV. Apabila pelaku mengunakan kendaraan, ada kemungkinan plat nomer kendaraan akan iku terekam. Dari situlah, polisi bisa melacak keberadaan pelaku. Belum lagi dengan adanya teknologi canggih, melacak sebuah plat kendaraan merupakan hal yang mudah dilakukan.

Cara baru untuk pelacakan plat nomer kendaraan, adalah melalui online. Dengan begitu, anda tidak perlu mengunjungi kantor SAMSAT untuk melakukan pelacakan. Cek pemilik plat nomor kendaraan online, cukup bermodalkan kecanggihan smartphone yang terhubung dengan internet saja. Setelahitu, unduh aplikasi pelacak khusus plat nomer kendaraan, dan anda pun sudah bisa melacak nomer plat yang diinginkan.

Sebenarnya, aplikasi tersebut tidak dikhususkan untuk melakukan pengecekan plat nomer, namun bisa digunakan untuk pelayanan pajak kendaraan. Hanya saja dalam aplikasi tersebut, terdapat menu pengecekan info pajak yang menggunakan nomer plat. Oleh karena itu, aplikasi ini bisa menampilkan segala informasi yang terkait dengan nomer plat tersebut.

Untuk menggunakan aplikasi pelacakan tersebut, bisa diunduh di Google Playstore secara gratis. Disana, anda akan ditawarkan dengan berbagai aplikasi berbeda dengan fungsi yang hampir sama. Di setiap provinsi, terdapat aplikasi khusus untuk melihat info tersebut. Misalnya untuk provinsi Jawa Timur, bisa menggunakan aplikasi bernama E-Smart SAMSAT Jatim. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, anda bisa melacak plat nomer yang berasal dari Jawa Timur.

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online kantor

Selain menggunakan aplikasi, anda juga bisa melakukan pelacakan menggunakan website. Proses pengecekan ini,bisa dilakukan secara maksimal jika melalui situs resmi dari Samsat. Dengan memanfaatkan website tersebut, anda bisa melacak nomer plat lebih luas di berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mendapatkan segala informasi mengenai pemilik plat nomer kendaraan tersebut.

Cek pemilik plat nomor kendaraan online satu ini terlihat berbeda, karena melalui sms. Cara ini memang terlihat sedikit kuno, namun cukup ampuh bagi anda yang tidak dapat terhubung ke internet. Untuk setiap penggunaan layanan sms, akan dikenakan biaya yang berbeda untuk setiap operatornya. Waluapun terkesan lebih mahal, cara ini bisa menjadi alternatif terbaik ketika tidak tersambung dengan internet.

Benda kecil yang selalu menempel pada kendaraan ini, ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari menemukan keberadaan kendaraan, hingga menyajikan berbagai informasi bagi pemiliknya. Terlihat simpel nan mungil, ternyata plat nomer kendaraan memiliki serangkaian data penting, bahkan tidak jarang pihak berwajib berhasil melumpuhkan pelaku kejahatan hanya dengan bermodalkan plat nomer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *