Yuk Cari Tau Penyebab Busi Mobil Basah Bensin

Salah satu elemen penting yang wajib dimiliki oleh kendaraan bermotor adalah busi. Ketika kondisi busi basah, kendaraan akan susah untuk dihidupkan. Busi bertugas untuk memercikkan api, yang kemudian menghasilkan adanya pergerakan listrik dengan tegangan yang cukup tinggi. Ketika busi basah, komponen ini tidak akan bekerja maksimal. Tidak banyak yang mengetahui penyebab busi mobil basah bensin, berikut penyebabnya.

Tau Penyebab Busi Mobil Basah Bensin

Beberapa Penyebab Busi Macet

1. Busi Basah Akibat Bensin

Pernahkah mendapati kendaraan susah dinyalakan ? Pastinya anda bertanya tanya penyebab kendaran roda empat tersebut tidak ingin menyala. Setelah ditelusuri lebih lanjut, anda menemukan busi dalam keadaan basah. Kondisi busi terlihat tidak berkerak dan warna yang dihasilkan tidak terlalu hitam pekat. Namun setelah diperhatikan lebih jauh, ujung busi terlihat basah dan tercium bau khas bensin.

Penyebab busi mobil basah bensin tersebut dapat didiagnosa bahwa, busi basah diakibatkan proses starting yang sebelumnya tidak berhasil dilakukan. Sehingga, pada waktu menekan tombol starting, membuat poros engkol mesin berputar. Nah, pada saat itulah, campuran udara dan bensin masuk ke dalam ruang bakar kendaraan. Proses inilah yang dapat menyebabkan busi basah dan kendaraan sulit untuk dihidupkan.

Apabila pada langkah usaha yang dilakukan tidak terjadi proses pembakaran, ada kemungkinan bensin yang berada di dalam ruang bakar menempel di seluruh permukaan ruang bakar. Bensin yang menempel di dinding ruang bakar, memungkinkannya untuk menempel pada elektroda busi juga. Apabila proses starting selama 1 atau 2x saja, mungkin tidak akan terlalu berimbas pada mesin.

Kendati jika sudah lebih dari 3x dan mesin tetap tidak bisa dihidupkan, kemungkinan adanya penyebab busi mobil basah bensin. Dalam kondisi tersebut memang tidak membahayakan, namun busi yang sudah basah dapat menandakan adanya miss fire pada mesin. Maksudnya adalah sistem pengapian pada kendaraan roda empat, tidak bisa berfugsi dengan normal. Sehingga, keabnormalan ini yang membuat busi tidak bisa dinyalakan.

Penyebab Busi Mobil Basah Bensin

2. Penyebab Busi Tidak Mau Menyala

Di dalam ruang mesin, terdapat kotak khusus bernama kotak fuse. Di dalamnya anda akan menemukan berbagai sekering untuk sistem kelistrikan mesin, salah satunya adalah fuse ignition. Apabila busi tidak ingin menyala, cobalah periksa kotak tersebut. Sebab, ada kemungkinan fuse terputus, sehingga arus primal coil ikut terputus. Dalam kondisi seperti ini, pantas saja busi tidak terjadi pengapian ketika distarting.

Ignition coil high resistance atau biasa disebut sebagia pelonjakan tahanan merupakan salah satu penyebab busi tidak bisa dinyalakan. Ketika pelonjakan tahanan hanya mampu menginduksi coil dalm jumlah kecil, maka arus sekunder yang dapat dihasilkan tidak akan mampu untuk membakar AFM pada kendaraan. Hal ini juga berlaku pada spark plug high resistance ketika adanya lonjakan tahanan elektoda busi kecil, maka hasil induksi mengikutinya.

Pada kendaraan roda empat, terdapat berbagai mesin yang digunakan. Salah satu mesin yang digunakan adalah EFI, dimana mesin ini mengandalkan pengapian DLI. Di mesin tersebut, terdapat berbagai kabel yang digunakan. Penyebab busi mobil basah bensin adalah, terdapat satu saja kabel yang terputus atau mengalami kerusakan.Sehingga, proses pengapian akan gagal walaupun anda sudah mencobanya berulang ulang. .

Merawat kondaraan pribadi, sangat diperlukan agar mesin dalam mobil tetap awet tanpa dimakan umur. Salah satu komponen penting yang tidak boleh terlewatkan untuk diperhatikan,adalah busi. Walaupun bentuknya kecil, namun komponen tersebut memberikan dampak besar apabila tidak mampu berfungsi maksimal. Hal yang paling menjengkelkan adalah, kendaraan tidak akan mau dihidupkan sama sekali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *