Yuk Intip Cara Cuci Baju Dengan Tangan yang Efektif Tanpa Merusak Serat Baju

Terkadang akan ada sebagian orang yang lebih memilih mencuci pakaian dengan menggunakan tangan ketimbang memakai mesin cuci. Pasalnya mencuci dengan menggunakan tangan dinilai lebih mudah dan efektif, serta baik untuk meningkatkan umur pakaian dengan cara menjaga seratnya untuk tetap baik. Oleh karena itu butuh ketrampilan yang baik saat mencuci dengan memakai tangan. Bagaimana caranya? Yuk simak dalam ulasan ini.

Cara mencuci Pakaian Dengan Tangan yang Efektif Tanpa Merusak Serat Baju

1. Urutkan Item yang Akan Dicuci

Hal yang penting dalam cara cuci baju dengan tangan yang efektif adalah mengurutkan item yang akan dicuci. Menurut Gwen Whiting dan Lindsey Boyd yang merupakan pendiri The Laundress, menyatakan bahwa sebelum mulai mencuci pakaian menggunakan tangan ada baiknya diawali dengan menyortir pakaian terlebih dahulu. Menyortir pakaian tersebut bisa berdasarkan warna, jenis kain, atau juga konstruksinya.

2. Lakukan Pra Perawatan Noda

Sama seperti mencuci pakaian memakai mesin cuci, meskipun dengan menggunakan tangan maka juga perlu untuk melakukan pra perawatan noda. Jika ada baju atau celana dengan noda membandel, maka ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu secara lembut dengan larutan penghilang noda dan usap menggunakan jari atau sikat khusus. Jika noda terlihat sudah memudar, maka pakaian tersebut bisa disatukan dengan yang lain untuk dicuci menggunakan tangan.

3. Isi Ember Dengan Detergen

Beberapa bahan pakaian yang terbuat dari sutra sintetis, asetat, renda, rajutan halus, sifon, beludru, dan jenis kain ringan lainnya bisa dicuci menggunakan air biasa untuk mencegah serat menyusut dan warna kain memudar. Selain itu, saat mencuci dengan muatan yang kecil dan halus biasanya akan membutuhkan satu tutup kecil penuh detergen. Namun untuk muatan yang lebih banyak, maka bisa menambahkan lebih banyak detergen.

4. Rendam Pakaian

Jika ember sudah diisi dengan air dan detergen dengan pas, maka masukkan pakaian yang akan dicuci. Namun setelah itu jangan buru buru mencucinya. Ada baiknya untuk merendam pakaian terlebih dahulu selama 20 hingga 30 menit. Biarkan larutan air dan detergen meresap ke dalam pakaian untuk merontokkan noda, setelah itu baru cuci pakaian dengan menggunakan tangan.

5. Bilas Busa

Langkah selanjutnya dalam cara cuci baju dengan tangan yang efektif adalah membilas busa. Dimana proses bilas merupakan kunci dalam mencuci pakaian yang efektif. Oleh karena itu pastikan bilas pakaian secara menyeluruh, pasalnya residu sabun dapat merusak serat begitu saja. Sebaiknya gunakan air dingin untuk membilas dan peras pakaian dengan lembut hingga busa benar benar hilang.

6. Gantung dan Simpan Dengan Rapi Di Rak Jemuran

Untuk mengeringkan pakaian, cukup dengan gantung pakaian tersebut di rak jemuran dan jauhkan dari tempat yang terkena sinar matahari secara langsung guna menghindari warna kain menjadi pudar. Untuk mengeringkan kain yang berbahan halus, juga bisa dengan cara meletakkan kain tersebut di atas handuk kemudian gulung seperti kantong tidur agar airnya menghilang. Jika ingin kering lebih cepat, maka bisa dengan menggunakan lebih dari satu handuk dan ulangi beberapa kali.

Itulah beberapa cara efektif untuk mencuci pakaian dengan menggunakan tangan tanpa merusak serat kain. Seperti yang diketahui mencuci memakai mesin cuci memang terbilang cukup praktis, namun mencuci dengan menggunakan tangan dinilai lebih mudah dan lebih bersih. Semoga ulasan tentang cara mencuci pakaian ini dapat membantu dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *