Yuk Intip Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Ideal di Sini

Memiliki tubuh yang ideal merupakan impian bagi setiap wanita. Jika seseorang memiliki target untuk meraih berat badan tertentu, biasanya cenderung akan lebih bersemangat untuk mencapainya. Namun ketika hal tersebut sudah tercapai, terkadang seseorang itu malah lupa diri dan membuat berat badan kembali melonjak. Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk intip cara menjaga tubuh agar tetap ideal berikut ini.

Trik Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

1. Porsi Kecil

Hal pertama yang harus anda perhatikan jika ingin tubuh anda tetap ideal, adalah selalu makan dalam porsi kecil. Seorang ahli gizi dari Amerika Serikat, Stephanie Middleberg, MS, RD, CDN, menyarankan untuk selalu memesan makanan dalam ukuran kecil. Baik itu sup, yogurt, kopi, atau makanan lainnya. Jika anda ingin sekali mencoba makanan yang menggugah selera namun tinggi kalori, maka cobalah dengan sekedar tiga gigit saja. Lalu berhenti untuk memakannya.

cara menjaga tubuh agar tetap ideal ini

2. Hindari Makan Menjelang Tidur

Cara lain untuk menjaga tubuh tetap ideal yaitu tidak makan menjelang tidur. Karena di malam hari, tubuh anda cenderung lebih sedikit dalam beraktivitas sehingga kalori pun tidak terlalu dibutuhkan. Maka dari itu, anda sebaiknya tidak makan 1 hingga 2 jam sebelum tidur. Ada baiknya juga apabila makan malam anda diganti dengan menu berupa bahan makanan sehat yang direbus. Hindarilah mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng pada malam hari.

3. Minum Banyak Air

Terkadang, anda tidak menyadari apakah tubuh anda benar-benar merasa lapar atau hanya haus. Untuk itu sebelum anda ingin mengonsumsi suatu makanan, cobalah minum segelas air terlebih dahulu. Selain itu, air putih juga sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Dengan banyak mengonsumsi air, maka akan dapat meningkatkan hidrasi sel-sel tubuh yang akan menunjang proses metabolisme.

4. Banyak Bergerak dan Olahraga

Olahraga sangatlah baik untuk menjaga bentuk tubuh dan juga kesehatan. Dengan melakukan olahraga secara teratur, dapat membantu membakar kalori dalam tubuh dan memperlancar peredaran darah. Anda tidak perlu ke gym agar tetap sehat, sekedar jogging di taman dekat rumah pun sudah termasuk olahraga. Mulailah dengan berjalan kaki dan naik-turun menggunakan tangga daripada lift atau eskalator.

5. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Sudah menjadi rahasia umum jika makanan berserat termasuk dalam salah satu kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan. Tetap mengonsumsi makanan yang tinggi serat, merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap ideal. Bahan makanan dengan serat tinggi ini bisa anda dapatkan dari sayur dan buah-buahan. Seperti pisang, pepaya, jambu biji, pir, labu, bayam, ubi jalar, kubis merah, dan lobak.

cara menjaga tubuh agar tetap ideal

6. Konsumsi Protein

Selain makanan yang tinggi serat, anda juga perlu makanan yang kaya akan protein. Protein merupakan salah satu zat penunjang yang cocok untuk diet. Kandungan protein memiliki fungsi yang luar biasa, yaitu dapat membakar lemak dan bisa menjadi pengganti lemak. Kandungan ini dapat anda peroleh dari putih telur, sereal, maupun oatmeal gandum. Sangat dianjurkan mengonsumsi protein ini di pagi hari sebagai menu sarapan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh anda tetap ideal. Kunci dari semua itu yakni niat dan komitmen. Cobalah untuk menyingkirkan pikiran negatif dan mulailah untuk berpikir positif. Mulailah untuk rutin melakukan olahraga setiap harinya. Serta konsumsi makanan tinggi serat untuk menunjang agar berat badan tetap ideal , maka anda pun nantinya akan merasakan hasil yang mengagumkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *