Yuk Kenali Gejala Anemia yang Jarang Disadari

Penyakit kurang darah seringkali dialami oleh beberapa orang. Sel darah merah memiliki peran yang sangat penting untuk membawa oksigen ke tubuh, dan menggantikan karbon dioksida. Jika hal ini terjadi, tubuh anda akan mengandung banyak sekali karbon dioksida yang menimbulkan berbagai tanda penyakit. Beberapa orang tidak akan menyadari tanda dari gejala kurang darah tersebut. Nah yuk kenali gejala anemia yang jarang disadari.

Gejala Kurang Sel Darah Merah

1. Sudut Bibir Kering

Sebagian orang pasti pernah mengalami bibir kering atau pecah pecah karena perubahan cuaca yang ekstrim, suhu, matahari dan lain sebagainya. Gejala kruang darah akan mengakibatkan area bibir anda bermasalah. Hal ini akan berpengaruh pada sudut bibir anda, yang biasanya ditandai dengan mengalami keretakan. Anda harus waspada saat mengalami gejala ini karena mungkin saja gejala kurang darah.

Yuk Kenali Gejala Anemia yang Jarang Disadari

2. Kelelahan

Gejala kurang darah yang harus anda pahami adalah mudah kelelahan dalam melakukan aktifitas. Hal ini karena kadar oksigen dalam tubuh yang berkurang, sehingga membuat tubuh anda bekerja lebih keras. Tubuh akan menghasilkan energi yang lebih banyak juga membuat anda merasa lelah dan juga letih. Anda harus sering minum air putih untuk mengatasi gejala kurang darah satu ini.

3. Kulit Pucat

Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup atau juga kekurangan sel darah merah, kulit anda akan mengalami perubahan warna. Biasanya kulit yang kurang sel darah merah akan memiliki warna yang pucat. Anda harus waspada untuk memeriksa bagian tangan, kelopak mata bawah dan juga lidah. Perubahan warna pada organ tersebut menandakan anda terkena gejala anemia.

4. Denyut Jantung Tidak Teratur

Jantung akan bekerja lebih cepat dari biasanya jika tubuh kekurangan kadar hemoglobin. Hal ini karen jantung akan memompa darah dari sistem dan memberikan kadar oksigen yang cukup bagi tubuh. Sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dari biasanya. Anda harus waspada ketika mendapati jantung yang tidak bekerja secara teratur. Lakukan pemeriksaan kepada dokter untuk memastikan kesehatan anda.

5. Konsentrasi Bermasalah

Hampir semua organ dalam tubuh akan membutuhkan oksigen untuk memperlancar aktifitas. Termasuk otak yang memerlukan asupan oksigen agar bisa bekerja. Apabila kadar oksigen yang dimiliki oleh tubuh sangat sedikit, tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh pada konsentrasi. Otak yang kekurangan oksigen akan menyebabkan menurunya stamina dalam berkonsentrasi.

Yuk Kenali Gejala Anemia yang Jarang Disadari

6. Kuku Menipis

Tak banyak orang sadar, jika kuku juga bisa menjadi gejala kurang darah. Anda harus berhati hati jika kuku anda mudah rapuh dan berbentuk seperti sendok. Hal ini memungkinkan anda mengalami kurang sel darah merah. Kuku juga memerlukan kadar oksigen yang cukup agar tetap sehat. Anda bisa melakukan pemerikasaan ke dokter dan konsultasi mengenai keadaan kuku anda yang menipis.

7. Keinginan Mengkonsumsi Zat Non Nutrisi

Penelitian menunjukkan jika anda sedang mengalami gejala kurang darah, anda akan cenderung memilih untuk mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi. Biasanya anda akan memilih untuk memakan es batu atau juga makanan mengandung kapur. Hal ini justru akan membahayakan kesehatan sang penderita sendiri.

Jika anda mengalami beragam gejala gangguan yang sudah disebutkan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter yang terpercaya. Anda bisa melakukan konsultasi terkait makanan yang harus anda konsumsi atau pola hidup sehat yang harus dijalani. Biasanya orang yang kekurangan darah merah akan mengkonsumsi daging kambing, daun ketela, kacang merah dan juga minum yang cukup. Anda juga harus mengatur pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *