Yuk Ketahui Penyebab Penyakit Migrain yang Jarang Diketahui Orang

Beberapa orang mungkin sering mengalami sakit kepala sebelah. Sakit kepala ini diikuti dengan rasa nyeri yang parah dan membuat anda menjadi lemas. Biasanya sakit kepala sebelah dialami oleh satu sisi kepala saja. Namun, kondisi ini akan membuat ketahanan tubuh menjadi lebih rendah. Yuk simak penyebab migrain yang harus anda tahu.

Beragam Penyebab Sakit Kepala Sebelah

1. Menstruasi

Sakit kepala sebelah biasanya disebabkan karena akan mendekati siklus menstruasi bagi seorang wanita. Penelitian menunjukkan bawa 62 persen wanita mengalami sakit kepala sebelah setelah siklus menstruasi berakhir. Bahkan, perubahan hormon estrogen pada wanita ini juga dialami oleh wanita yang sudah menopause.

Yuk Ketahui Penyebab Penyakit Migrain yang Jarang Diketahui Orang

2. Faktor Genetik

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala sebelah adalah pembuluh darah yang membengkak. Namun, hal itu bukan penyebab utama penyakit kepala sebelah. Banyak ilmuan yang berkesimpulan jika sakit kepala sebelah disebabkan karena faktor keturunan. Terdapat 50 persen peluang seseorang memiliki kondisi yang sama dengan keturunan orang tua.

3. Perubahan Cuaca

Seringkali dialami, perubahan cuaca yang ekstrem merupakan salah satu penyebab sakit kepala sebelah. Penelitan di Brasil menunjukkan bahwa perubahan cuaca secara tiba tiba memicu serangan sakit kepala. Tak hanya cuaca, penyakit kepala sebelah juga disebabkan karena aroma yang menyengat dan bisa menyebabkan sakit kepala kambuh. Aroma seperti parfum, asap rokok, dan juga duren adalah salah satu contoh penyebab sakit kepala sebelah terjadi.

4. Faktor Makanan dan Minuman

Tak disadari oleh banyak orang, jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan MSG adalah pemicu sakit kepala sebelah. Kedua kandungan ini akan sangat mempengaruhi sistem saraf pusat dan juga pembuluh darah pada otak. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan berkontraksi yang menjadikan sakit kepala sebelah.

Mengkonsumsi makanan lain seperti keju dan coklat juga bisa menjadi penyebab sakit migrain. Kandungan coklat seperti phenylethylamine, flavonoid dan tiramin dicurigai penyebab sakit kepala sebelah. Sementara makanan keju mengandung tiramin yang juga merupakan pemicu sakit kepala sebelah bagi sebagian orang.

5. Stress

Faktor pemicu yang biasanya dialami adalah penurunan kondisi emosional secara tiba tiba, yang menimbulkan stress berkepanjangan. Saat anda mengalami stress, otak akan melepaskan senyawa kimia yang menyebabkan beberapa perubahan pada pembuluh darah dan otak. Dampak stress ini akan menyebabkan sakit kepala yang biasanya datang saat momen stress terjadi. Anehnya beberapa orang akan mengalami sakit kepala ini dialami pasca strees sudah usai.

Yuk Ketahui Penyebab Penyakit Migrain yang Jarang Diketahui Orang ini

6. Pola Tidur

Faktor pemicu sakit kepala sebelah yang patut anda waspadai adalah pola tidur yang buruk. Perubahan pola tidur ini biasanya sering berdampak pada sakit kepala sebelah yang tentunya mengganggu aktifitas anda. Ketika anda kurang tidur atau mungkin jet lag akan merangsang sakit kepala sebelah dengan capat. Jadi, selalu perhatikan pola tidur anda ya!

7. Faktor Fisik

Kegiatan yang membutuhkan beraneka kegiatan fisik tentu dapat menyebabkan sakit kepala sebelah. Aktivitas yang intens dan cukup berat dapat memicu sakit kepala sebelah lho. Sehingga anda perlu mengistirahatkan diri dari padatnya aktifitas fisik seperti bekerja keras atau aktivitas seksual. Kedua katifitas tersebut sangat memicu sakit kepala bagi beberapa orang.

Memiliki tubuh yang selalu sehat adalah harapan semua orang agar berumur panjang. Anda bisa mengatur pola hidup sehat mulai hari ini agar bisa menikmati masa tua dengan bahagia. Lakukan olahraga secara teratur agar tubuh anda tetap bugas. Pilihlah asupan makanan yang berimbang untuk tubuh yang sehat. Pola istirahat yang cukup juga harus anda atur agar memiliki aktifitas yang berimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *