Yuk Ketahui Prosedur Cara Mengklaim Asuransi Mobil

Memiliki asuransi bagi kendaraan bermotor, merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Asuransi di genggaman, membuat andatidak perlu khawatir jika bodi kendaraan mengalami kecacatan. Kecacatan yang dialami berasal dari beberapa faktor, mulai dari kecelakaan atau karena keteledoran pemiliknya. Memperbaiki kendaraan yang mengalami cacat, akan lebih ringan dengan adanya asuransi. Namun, bagaimana cara mengklaim asuransi mobil tersebut ?

Tahapan Mendapatkan Klaim Dari Asuransi Kendaraan

1. Ikuti Segala Prosedur Yang Ada

Terjadi sebuah insidem mengejutkan yang melibatkan kendaraan bermotor ? Jangan khawatir, karena anda bisa mengajukan klaim ganti rugi kepada perusahaan asuransi. Ketika klaim tersebut diterima perusahaan, anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki bodi kendaraan yang lecet. Namun ada beberapa persyaratan agar klaim tersebut disetujui, agar anda menerima sejumlah uang yang dicairkan oleh perusahaan asuransi.

Cara Mengklaim Asuransi Mobil

Mendapatkan klaim, tidaklah susah ketika anda mengikuti segala persyaratan yang diajukan pihak asuransi. Proses ini sebaiknya tidak dianggap remeh, karena proses inilah yang menentukan diterima atau tidak oleh perusahaan asuransi. Langkah pertama cara mengklaim asuransi mobiladalah, berikan dokumentasi berupa foto maupun video apabila mengalami insiden yang melibatkan kendaraan pribadi anda. Terutama bagi kendaraan yang tengah mengalami kerusakan cukup parah.

2. Siapkan Beberapa Dokumen Pendukung

Siapkan beberapa dokumen seperti fotokopi polis, fotokopi sim dan STNK, dan surat keterangan dari kepolisian. Surat kerenagan polisi tersebut, akan diberikan ketika kendaraan yang dikendarai mengalami kerusakan cukup berat akibat dari kecelakaan parah. Dokumen tersebut dipersiapkan, ketika ingin mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi. Setelah dokumen tersebut lengkap, bawalah semua berkas tersebut ke bengkel rekanan.

3. Datangilah Bengkel Rekanan

Segala dokumen tempur siap di tangan, saatnya berkas dibawa menuju bengkel rekanan tempat kendaraan akan diperbaiki. Kemudian, pihak bengkel akan menghubungi perusahaan asuransi anda, dan tunggulah proses survei kerusakan. Cara mengklaim asuransi mobil adalah, tidak diberikan tindakan terlebih dahulu sebelum diadakan penyelidikan oleh pihak asuransi. Kendaraan yang diberikan penanganan sebelum pihak asuransi melakukan survey, maka kalim tidak diterima.

Insiden kelecakaan mungkin saja terjadi di luar kota asal pengendara. Apabila menghadapi kondisi tersebut, segera hubungi kantor perwakilan dari perusahaan asuransi yang ada di daerah terdekat. jelaskan secara rinci kejadian yang sedang dialami, dan mintalah sebuah petunjuk apakah klaim bis dilakukan di kantor perwakilan tersebut. Untuk menghubungi pihak asuransi, klien akan diberikan waktu 3×24 jam setelah insiden terjadi.

Prosedur Cara Mengklaim Asuransi Mobil

4. Mengisi Formulir Klaim Dari Bengkel

Ketika kebenaran dari insiden diterima, bengkel akan memberikan formulir klaim. Isilah formulir tersebut secara detail dan sesuai dengan kebenarannya. Jangan remehkan adanya detail kejadian perkara, mulai dari jam, tanggal, dan bagaimana peristiwa tersebut bermula. Dan jangan pernah melakukan kebohongan mengenai detail insiden tersebut, karena pihak asuransi akan mengecek setiap kesaksian yang tertulis di formulier tersebut.

Ketika proses cara mengklaim asuransi mobil dilakukan, kini anda hanya tinggal menunggu kabar dari bengkel. Jangka waktu perbaikan setiap kendaraan akan berbeda, tergantung dari tingat kerusakan yang dialaminya. Untuk kerusakan ringan atau hanya sekedar lecet saja, kemungkinan 3 hari kemudian, kendaraan sudah bisa digunakan kembali. Kendati jika kendaraan mengalami kerusakan parah, maka waktu perbaikan akan sedikit lebih lama.

Mengalami insiden kecelakaan saat mengendarai kendaraan pribadi, tidak bisa diperhitungkan oleh siapa saja. Untuk mencegah pembekakan pengeluaran, ada baiknya membuat asuransi kendaraan terlebih dahulu. Sebab, insiden seperti itu tidak datang mendadak dan tidak dapat diprediksi siapapun. Dengan asuransi di genggaman, proses klaim mampu meringankan pengeluaran dana untuk memperbaiki kerusakan pada mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *