Yuk Pahami Marketing 4.0 dari Buku Terbaik Philip Kotler!

Dari sekian banyak referensi yang menyuguhkan ilmu dan teknik marketing, buku karya Philip Kotler tentang pemasaran di segala era ini menjadi salah satu panduan yang sangat populer. Industri dan dunia pemasaran yang terus berkembang, menuntut kemampuan anda untuk melakukan pendekatan yang berbeda sesuai trend pasar. Hal hal penting apa saja yang diulas dalam buku Marketing 4.0 Philip Kotler? Yuk intip isi bukunya disini!

Orientasi Marketing 1.0 Hingga Era Revolusi 4.0

Di dalam buku marketing yang best seller ini, Philip Kotler menunjukkan perubahan pendekatan dalam industri pemasaran. Cara cara pendekatan marketing menurut Kotler bermula dari pendekatan marketing era 1.0 hingga 4.0, yang memiliki perbedaan fokus dan trik yang berbeda beda juga. Apa perbedaan pemasaran 4.0 dari pendekatan lainnya yang dijabarkan Kotler dalam buku ini?

Yuk Pahami Marketing 4.0 dari Buku Terbaik Philip Kotler

Era pemasaran yang pertama kali adalah marketing 1.0, yang berorientasi pada produk. Di era itu para produsen dan pengusaha belum melakukan pendekatan khusus kepada konsumen, tetapi menjual produk sebanyak banyaknya meski tidak sesuai dengan kebutuhan pasar. Karena alasan inilah lahir era marketing 2.0, yang lebih fokus pada keluhan dan selera konsumen.

Berikutnya adalah era marketing 3.0, yang berorientasi kepada manusia. Strategi ini mendorong produsen dan pelaku usaha untuk menjual produk dan jasanya, bukan hanya kepada pelanggan tetapi juga calon konsumen tanpa terkecuali sesuai pangsa pasar. Promosi produk yang dilakukan di era ini memiliki visi, misi, dan nilai nilai (value) yang sejalan dengan selera konsumen.

Pemasaran 3.0 ini kemudian dikembangkan Philip Kotler, untuk menyesuaikan teknik pemasaran di era revolusi 4.0. Pendekatan marketing di era digital ini, menggabungkan interaksi online dan offline antara penjual dan konsumennya. Strategi pemasaran di era revolusi 4.0 juga memanfaatkan kecanggihan teknologi, sebagai media komunikasi yang lebih praktis dengan konsumen.

Cara Efektif Mengaplikasikan Pemasaran 4.0

Perlu anda ketahui bahwa perkembangan jaman telah merubah tahapan customer path. Customer path 4A yaitu Aware, Attitude, Act, Act Again telah bergeser menjadi 5A, yang terdiri dari Aware, Appeal, Aask, Act,dan Advocate. Dari tayangan iklan sebuah produk yang konsumen lihat di TV atau media sosial (aware), mereka akan merasa tertarik (appeal) dan kemudian mencari tahu (ask) segala informasi terkait produk tersebut.

Yuk Pahami Marketing 4.0 dari Buku Terbaik Philip Kotler ini

Jika produk yang anda tawarkan sanggup memikat dan menjadi solusi bagi kebutuhan konsumen, mereka akan memilih produk anda dan melakukan pembelian (act). Konsumen yang merasa puas dan cocok, tentu saja akan merekomendasikan (advocate) produk anda kepada lingkungan sekitarnya. Di buku Marketing 4.0 ini, Kotler membagikan segudang tips untuk bisnis anda, agar mampu melakukan strategi pemasaran 4.0 yang efektif.

Promosi yang paling efektif di era revolusi 4.0 ini, salah satunya adalah dengan memasukkan konten konten up to date yang relevan dengan target pasar. Di dalam bukunya, Philip menjelaskan bahwa setiap pengusaha perlu mengenali pain point (titik frustrasi) calon konsumen, sehingga aplikasi produk bisnis anda bisa membantu konsumen mengatasi masalah yang dihadapinya.

Konsumen yang semakin pintar, menuntut anda melakukan strategi marketing yang semakin cerdas pula. Pendekatan pemasaran yang konvensional dinilai kurang mampu menarik konsumen millenial, yang lebih menyukai segala sesuatu yang praktis dan sederhana. Singkatnya, buku marketing Philip Kotler ini adalah acuan yang tepat bagi pelaku usaha dari semua kalangan, untuk meningkatkan daya saing bisnisnya di era revolusi 4.0. Sudah punya bukunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *