Yuk Pelajari 5 Ilmu Marketing dari Apple untuk Tingkatkan Sales!

Siapa yang tidak kenal dengan Apple? Nama brand ini begitu tersohor di seluruh dunia. Steve Jobs sebagai founder dari Apple, telah berhasil membuat kerajaan yang tak tertandingi. Setiap produk yang diluncurkan oleh perusahaan ini, terbukti selalu menjadi gunjang-ganjing dimana-mana. Ini dikarenakan Apple sangat pintar dalam ilmu marketing yang diterapkan dalam pemasarannya. Yuk, pelajari rahasia marketing mereka agar sales anda meningkat drastis!

5 Trik Marketing Apple yang Bisa Anda Tiru

1. Buat Lebih Sederhana

Jika Anda melihat produk dan iklan dari Apple, Anda akan mendapati mereka memilih tema yang sederhana. Perhatikan produk yang mereka keluarkan, semuanya mempunyai desain yang simpel dengan hanya ada satu tombol. Desain ini menjadi sesuatu yang ikonik dari Apple. Selain itu, warna yang mereka pilih juga merupakan warna klasik yang elegan seperti hitam, putih, dan rose gold. Ini membuat produk dari Apple menjadi lebih berkelas dari pada produk lainnya.

Dengan prinsip kesederhanaan pula, mereka menerapkannya ke pemasaran produk. Trik yang sangat cerdik adalah penerapan jargon dari Apple. Kata-kata simpel “Ipod People” yang mereka gunakan saat pertama kali launching, adalah kata-kata yang mudah diingat oleh masyarakat. Ditambah lagi dengan graphic design yang dipakai bersamaan dengan jargon tersebut,yang berupa siluet orang yang memakai Ipod sembari berdansa. Kolerasi antara kedua poin inilah yang membuat Apple dicintai.

Yuk Pelajari 5 Ilmu Marketing dari Apple untuk Tingkatkan Sales ini

2. Kenali Pelanggan Anda

Sejak pertama kali produk Apple terjual, mereka berhasil mengumpulkan pelanggan fanatik. Anda pasti tahu bagaimana banyak sekali orang yang berani membayar lebih hanya untuk mendapatkan produk Apple terbaru, meskipun produk yang sudah mereka miliki masih dalam keadaan yang baik. Ini boleh jadi karena Apple telah memikat banyak hati masyarakat. Pelanggan loyal akan membeli apapun yang Anda tawarkan, karena kefanatikan mereka.

Apple melakukan teknik pemasaran yang tepat, kepada target yang tepat pula. Anda dapat menirunya dengan mengetahui siapa pelanggan potensial dari produk yang Anda tawarkan. Buatlah iklan yang cocok dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna oleh target pasar. Bila target pasar Anda adalah anak muda, maka Anda bisa menggunakan bahasa gaul yang familiar di kalangan generasi millennial. Dengan begitu, iklan Anda akan lebih mudah terserap dan melekat di benak mereka.

3. Utamakan Pengalaman

Salah satu ilmu marketing Apple yang bisa Anda terapkan, adalah dengan mengutamakan pengalaman pelanggan. Berikan sedikit bocoran tentang apa yang akan pelanggan alami bila membeli produk Anda. Apple membagi pengalaman unboxing produk yang mereka tawarkan, dengan menampilkan kemasan yang terkesan mewah dan otomatis membuat orang ingin memiliki pengalaman yang sama.

Terapkan strategi ini pada produk bisnis yang Anda miliki, contohnya jika bisnis anda bergerak dibidang kuliner maka tunjukkan keistimewaan dari pengalaman menikmati menu yang anda jual. Target konsumen yang melihat cuplikan tersebut, tentu akan tergiur untuk membelinya. Ilmu ini telah diterapkan oleh banyak produk minuman ternama di Indonesia misalnya Extra Joss, Sprite, dan masih banyak lagi.

Dengan menerapkan ketiga ilmu pemasaran yang Apple lakukan, Anda sudah pasti akan merasakan peningkatan sales yang pesat. Produk dan marketing yang lebih sederhana akan membuat brand Anda lebih diingat dan omset bisnis meningkat, terutama jika dipasarkan dengan bahasa yang tepat menyasar pada target pasar. Jangan lupa berikan teaser tentang pengalaman menggunakan produk yang Anda tawarkan untuk mengundang lebih banyak masa layaknya pecinta Apple!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *