Yuk Simak Cara Ampuh Mengobati Gejala Virus Corona

Di Indonesia jumlah pasien yang yang dinyatakan positif Covid-19 masih terus bertambah setiap harinya mulai dari pasien yang tidak menunjukkan gejala hingga pasien dengan gejala. Untuk gejalanya sendiri banyak mulai dari demam tinggi hingga mual atau diare. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika muncul gejala tersebut. Berikut beberapa cara ampuh untuk mengobati virus Corona yang bisa dilakukan secara mandiri.

Cara Ampuh Obati Gejala Virus Corona

1. Minum Air Putih Yang Banyak

Ketika kamu mengalami gejala ringan seperti batuk kering atau demam tinggi maka disarankan untuk minum banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Sebagian besar peneliti menyarankan untuk meminum sekitar 2 liter sehari, akan tetapi kebutuhan cairan pada tiap orang bervariasi jadi tetap minum ketika merasa haus. Kamu bisa menggunakan urine sebagai indikator hidrasi untuk mengecek apakah kebutuhan air dalam tubuh sudah terpenuhi atau masih kurang.

Mengobati Gejala Virus Corona Peneliti China Identifikasi Obat untuk Tangani

Jika urine yang dikeluarkan berwarna kuning terang dan jernih maka menandakan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Saat kamu mengalami gejala ini sebaiknya hindari soda dan alkohol karena akan membuat kamu lebih mudah dehidrasi. Konsumsi makanan yang mengandung banyak mineral dan serat tinggi untuk menjaga keseimbangan sistem imunitas dalam tubuh. Hindari untuk mengkonsumsi makanan berminyak agar batuk tidak semakin parah.

2. Minum Paracetamol Atau Obat Penurun Panas

Ketika kamu mengalami kondisi gejala ringan, pasien bisa mengonsumsi parasetamol untuk dapat menurunkan panas yang disebabkan oleh infeksi seperti demam. Beberapa pakar kesehatan lebih menyarankan untuk mengkonsumsi parasetamol daripada ibuprofen sebagai penurun demam, hal itu dikarenakan ada kekhawatiran dapat memperburuk gejala. Untuk mengkonsumsi obat ini sebaiknya kamu mengikuti saran dokter atau jika tidak kamu hanya boleh mengkonsumsinya sehari sekali saja.

3. Istirahat Yang Cukup

Cara ampuh untuk mengobati gejala virus Corona selanjutnya adalah istirahat yang cukup. Tidur sudah menjadi kebutuhan bahkan sangat penting untuk mengembalikan energi yang hilang serta memperbaiki kondisi tubuh saat sakit. Ketika tubuh terinfeksi virus, maka kamu akan merasa mudah lelah dan mengantuk karena sistem imun berjuang melawan infeksi. Jika tubuhmu kurang istirahat dan pola tidur tidak teratur, mak tubuh bisa dengan mudah terserang demam.

Ketika kamu sedang dalam kondisi demam tinggi maka disarankan tidak berolahraga berat untuk sementara waktu, namun bisa beraktivitas ringan karena dapat membantu untuk tidur di malam hari. Idealnya jumlah jam tidur yang cukup adalah 7 hingga 8 jam dalam sehari. Ketika kamu sedang mengalami gejala ringan dari virus Corona ini maka sebaiknya jangan terlalu banyak beraktivitas berat dan tidak berkumpul dengan orang-orang.

4. Pantau Gejala

Kamu harus mengawasi gejala dan mencari pertolongan medis saat tidak ada perbaikan dan kondisi menurun secara signifikan. Beberapa tanda yang ditimbulkan diantaranya seperti kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan terus menerus di dada, lemah, dan kebiruan di bibir. Namun apabila keadaan sudah sangat mendesak, maka kamu bisa segera hubungi hotline dan penanganan operator COVID-19. Jika kondisi tubuh sudah semakin buruk dan tidak ada perubahan maka segera pergi ke rumah sakit dan jangan mengambil tindakan sendiri.

Mengobati Gejala Virus Corona

5. Lakukan Isolasi Diri Secara Mandiri

Saat kamu mengalami gejala virus Corona, maka harus segera mengisolasi diri dan tidak keluar rumah selama 14 hari. Gunakan kamar tidur dan toilet yang terpisah jika memang memungkinkan. Saat sedang dalam masa karantina maka sebaiknya hindari menggunakan alat makan yang sama dengan anggota keluarga lain saat sedang isolasi. Ketika sudah melewati masa karantina 14 maka kamu sudah bisa beraktivitas seperti biasa.

Itulah beberapa cara yang terbukti sangat efektif dan bisa kamu lakukan di rumah ketika sedang mengalami gejala ringan virus Corona. Sekecil apapun gejalanya maka jangan dianggap sepele dan harus segera diobati agar tidak semakin parah. Pada masa pandemi seperti ini sangat wajib bagi kamu untuk selalu menjaga imunitas tubuh agar tetap meningkat sehingga tidak mudah terserang virus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *