Yuk Simak Cara Membersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil adalah salah satu bagian mobil yang seringkali terlewatkan untuk dibersihkan. Bahan yang digunakan plafon mobil pun terbilang sulit untuk dibersihkan, dan anda perlu tahu bagaimana cara membersihkanya. Membiarkan plafon yang kotor dalam jangka waktu yang lama, akan menyebabakan warna palfon yang pudar, dan tidak sedap dipanang mata. Nah untuk itu, yuk simak cara membersihkan plafon mobil berikut.

Cara Cepat Bersihkan Plafon Mobil

1. Menggunaan Vacuum Cleaner

Anda bisa membersihkan bagian atap mobil dengan menggunakan vacuum cleaner. Caranya anda harus mengatur daya serap alat pembersih ini. Untuk membersihkanya anda bisa menggunakan daya serap ringan, agar mudah untuk membersihkan debu kotoran. Dengan menggunakan daya serap yang tinggi justru akan berdampak kerusakan plafon. Jadi, saat membersihkanya anda harus lebih ebrahti hati ya!

2. Membersihkan Plafon Berbahan Beludru

Ada banyak sekali jenis bahan yang digunakan untuk plafon ini, salah satunya adalah palfon beludru. Bahan ini merupakan bahan yang sulit sekali untuk dibersihkan karena material yang berlapis lapis. Pertama, anda harus membersihkan plafon dengan air secukupnya, dan menggosokkan perlahan dengan lap yang setengah basah. Lapisan luar bahan beludru yang berasal dari kain wol, akan mudah lembab jika terkena air yang sedikit saja.

Yuk Simak Cara Membersihkan Plafon Mobil ini

3. Membersihkan Plafon Berbahan Fabric

Untuk membersihkan jenis bahan plafon fabric, anda harus menyiapkan cairan pembersih fabric (dari hewan) dan kain berjenis mikrofiber. Setelah itu, basahi kain tersebut dengan cairan fabric. Jangan langsung menyemptorkan cairan fiber ke plafon, karena hal ini akan membuat kotor permukaan plafon.

Semportkan cairan fiber ke kain agar plafon tidak terlalu basah saat dibersihkan. Setelah itu anda harus membesihkanya searah agar plafon tidak rontok. Setelah membersihkanya, tunggulah beberapa menit, hingga plafon kering. Pastikan jika serat serat dalam palfon tersebut rapi dan juga menyatu dengan sekelilingnya.

4. Membersihkan Plafon Berdebu

Peastinya mobil anda memiliki banyak sekali debu yang sudah cukup banyak menggumpal. Cara membersihkan plafon mobil yang berdebu tersebut dengan menggunakan sikat tanpa air, anda harus menyikat plafon dengan searah menggunakan sikat gigi yang lembut. Membersihkan ini harus dilakukan dengan perlahan hingga debu pada plafon menjadi berkurang.

Jangan gunakan campuran air sabun atau air detergen utnuk membersihkan plafon, karena akan membuat plafon menajdi lebih kotor. Hal ini karena debu akan menyatu dengan air, yang menyebabkan kotoran semakin menyebar. Dengan kotoran yang menyebar bukan bersih yang didapat tapi noda membandel pada plafon mobil.

5. Membersihkan Plafon Bernoda Ringan dan Pekat

Anda bisa menghilangkan noda plafon yang bernoda ringan dengan menggunakan sikat lembab. Anda cukup membersihkanya dengan sedikit detergen untuk noda ringan pada plafon. Cara ini terbilang cukup mudah karena kotoran yang menempel masih terbilang ringan. Namun, jika noda pekat yang ada didalam plafon anda wajib berhati hati.

Cara membersihkanya tidak sama dengan cara membersihkan noda ringan. Anda harus menggunakan cairan fabric untuk membersihkan noda pekat dan membandel. Untuk membersihkanya anda cukup menggunakan air pada kain setengah basah, dan mengusapkan kain pada plafon secara perlahan. Setelah itu semprotkan cairan fabric ke kain dan gosokkan pada plafon mobil anda.

Dengan memiliki mobil yang bersih, tentunya akan tercipta kendaraan yang nyaman. Memiliki kendaraan yang nyaman akan membuat perjalanan anda terasa nyaman. Anda juga harus selalu memeprhatikan kebersihan mobil pada bagian lain, agar mobil anda bisa awet dan tahan lama. Jalan jalan bersama orang terdekat pun akan terasa mengasyikkan karena mobil yang bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *