Yuk Simak Cara Memilih Burung Dara yang Bagus Disini

Bagi para penghobi burung merpati atau dara, memilih jenis burung yang terbaik adalah sebuah kesenangan tersendiri. Beragam cara bisa dilakukan untuk memperoleh burung dengan kualifikasi unggulan. Jam terbang pun juga akan mempengaruhi proses pemilihan burung ini. Lalu bagaimana cara memilih burung dara yang bagus yang dapat Anda coba? Simak ulasannya secara jelas dan lengkap berikut ini.

Cara untuk Memilih Jenis Burung Merpati atau Dara di Kategori Terbaik

1. Dilihat dari Bentuk Kepala

Bentuk kepala merpati yang dinilai bagus adalah yang berbentuk lancip dan mirip kepala pesawat. Biasanya bentuk kepala tersebut juga dikenal dengan kepala curut. Dengan bentuk kepala ini akan memudahkan burung merpati atau dara tersebut dalam bermanuver. Sama halnya pesawat terbang, kepala si burung merpati ini juga berguna untuk melancarkan aliran udara saat mereka turun maupun terbang.

cara memilih burung dara yang bagus banyak

2. Diamati dari Bagian Mata

Bagi Anda yang hendak memilih jenis burung dengan kualitas terbaik, maka bagian lain yang harus diamati adalah bagian mata. Pertama-tama perhatikan pupil mata dari si burung tersebut. Respon dari pupil tersebut juga harus cepat ketika dihadapkan ke arah matahari. Pupil mata sang burung dengan kualitas terbaik akan benar-benar mengecil dengan keadaan tersebut. Dari kualifikasi inilah Anda bisa memilah jenis merpati dengan kriteria unggulan.

3. Dipilih dari Keadaan Bulu Burung

Keadaan bulu burung si merpati atau dara ini juga layak untuk Anda perhatikan. Jika terkena sinar matahari, bulu burung ini akan terlihat berkilauan. Hal tersebut juga sebagai indikator bahwa sang burung dalam keadaan yang sehat. Perhatikan pula ketebalan dari bulu burung tersebut. Pilih bulu yang tebal, lembut, dan kering. Dengan keadaan bulu burung tersebut akan memudahkan mereka untuk turun ke landasan dalam kecepatan yang tinggi.

4. Dilihat dari Bentuk Sayap

Cara memilih burung dara yang bagus berikutnya adalah dilihat dari bentuk sayap yang ada. Pada bagian pangkal sayap, pilih bentuk tulangan yang cenderung keras dan tebal. Bagian bahu dan pangkal sayap tersebut juga akan dilapisi dengan otot yang lentur dan tebal. Pilih pula bulu sayang yang tebal dan tidak bergelombang. Anda juga dapat memilih sayap dengan bulu yang rapat dengan ujung yang berbentuk runcing.

5. Diamati dari Bagian Kaki

Selain kepala, sayap, dan mata, bagian kaki burung merpati juga layak untuk Anda perhatikan. Pilih kaki burung yang kokoh dan terlihat kuat. Tidak hanya itu, sebaiknya juga pilih jenis burung yang memiliki kaki yang kering dan cenderung bersisik. Cara lainnya yang dapat Anda coba adalah dengan menaikkan dan menurunkan burung tersebut. Gunakan telapak tangan Anda untuk landasan dari si burung.

cara memilih burung dara yang bagus merpati hutan

6. Dipilih dari Tulangan yang Mereka Miliki

Pilih tulangan burung merpati yang kuat dan besar. Daging dan otot yang dimiliki oleh si burung juga layak pula untuk Anda perhatikan. Upayakan untuk memilih daging atau otot yang cenderung kenyal sehingga dapat membuat kekuatan hentakan burung menjadi maksimal. Bagian kerangka tulang di merpati yang kokoh juga dapat diketahui dengan meraba pada bagian supitnya.

Terdapat cara atau teknik tersendiri untuk memilih jenis merpati yang masuk di kriteria bagus. Mulai dari melihat bentuk kepala, mata, bulu, kaki, dan juga tulang si burung tersebut. Bagian ekor burung juga dapat turut serta diperhatikan dalam hal ini. Dengan memilih merpati dari kriteria ini diharapkan akan membuat Anda memperoleh jenis burung yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *