Yuk Simak Cara Penghitungan Penyusutan Harga Mobil Per Tahun

Memiliki mobil pribadi, dianggap sebagai simbol kemakmuran dalam tingkat perekonomian seseorang. Padahal sebagian masyarakat yang memiliki mobil, justru membeli kendaran tersebut secara bekas. Perlu diketahui bahwa, membeli mobil bekas bisa menjadi sebuah pertimbangan matang karena adanya penurunan harga jual kembali kendaraan. Kondisi dan merk kendaraan, menjadi tolak ukur penentu harga jualnya. Yuk cari tau penyusutan harga mobil per tahun.

Penyusutan Untuk Harga Jual Kendaraan Bekas

1. Penurunan Harga Kendaraan Bekas

Membeli kendaraan bekas, memang bisa menjadi alternatif ketika budjet yang dimiliki tidak mencukupi untuk membeli kendaraan dalam kondisi baru. Namun anda perlu mengetahui akan persentasi penurunan harga, untuk nilai jual suatu kendaraan bekas. Penurunan ini tidak tanggung tangguh, akan terjadi setiap tahunnya. Kondisi mobil dan merk yang digunakan, menjadi sebuah tolak ukur sebuah harga mobil bekas tersebut.

Penyusutan Harga Mobil Per Tahun

2. Faktor Yang Menyebabkan Penurunan Harga

Ketika kendaraan memiliki tingkat pemakaian tinggi, tentu saja menjadi salah atu faktor adanya penurunan harga sebuah aset fisik kendaraan. Beberapa faktor lainnya yang menyebabkan penurunan harga jual kendaraan, akan dibagi menjadi 2 bagian. Yang pertama bisa berasal dari faktor teknis. Faktor satu ini terjadi, karena kendaraan mengalami kerusakan akibat dari tingkat penggunaan yang tinggi dan dalam jangka waktu lama.

Namun faktor teknis tersebut, juga dapat terjadi lantaran kendaraan mengalami korosi kibat penuaan. Kerusakan yang diakibatkan dari adanya bencana alam, juga termasuk dalam faktor teknis. Faktor penyusutan harga mobil per tahun, bisa dipengaruhi dari faktor yang ke dua, yaitu faktor ekonomis. Dalam faktor ini, harga yang telah diperoleh kendraan ketika membelinya bisa mengalami penyusutan.

Selain itu adanya harga buku aktiva tetap, dimana harga perolehan dan akumulasi penyusutan aktiva tetap akan berlangsung setiap tahunnya. Nilai residu, dapat disebut sebagai salah satu faktor ekonimis. Tidak hanya itu saja, namun batas penggunaan kendaraan atau usia dari kendaraan juga mempengarui penurunan harga jualnya. Semua faktor tersebut, biasanya menjadi faktor umum terjadinya penurunan harga jual.

Penghitungan Penyusutan Harga Mobil Per Tahun

3. Cara Menghitung Penyusutan

Metode penyusutan pertama adalah, metode garis lurus yang termasuk penghitungan sederhana. Dimana, metode ini menghubungkan antara alokasi biaya dengan berlalunya waktu. Penyusutan harga mobil per tahun tersebut, bisa dibuat berdasarkan waktu periode bulanan maupun secara tahunan. Selisih yang ada antara harga yang diperoleh dengan nilai residu, nantinya akan dibagi menjadi masa manfaaat dari aktiva. Hal inilah yang menyebabkan adanya penyusutan periode.

Metode penyusutan ini, diangap menjadi salah satu cara tepat nan efektif. Namun anda harus memenuhi asumsi tertentu, yang meliputi beban perbaikan serta pemeliharaan tetap konstan sepanjang umur pada aktiva. Nantinya pendapatan yang akan didapatkan, apabila menggunakan aktiva dengan jumlah konstan selama bertahun tahun umur aktiva. Metode ini juga dianggap paling mudah dipahami dan dilakukan.

Untuk mengetahui besaran beban penyusutan berperiode, anda bisa menggunakan metode garis lurus. Gunakan rumus penyusutan = { 2x (100% : umur ekonomis )} x harga buku aktiva tetap. Misalnya dalam kasus ada kendaraan bermotor dengan harga Rp. 6.400.000, dan memiliki umur ekonomis yang berumur sekitar 5 tahunan, dengan nilai residu yang ditaksir sektiar Rp. 1.600. 000. Dari contoh tersebut, anda bisa menghitung penyusutan harga mobil per tahun.

Memiliki kendaraan pribadi, tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Membeli mobil bekas, merupakan salah satu cara alternatif terbaik untuk mempertimbangkan harga jual kembali mobil tersebut. Di balik dari jumlah budjet yang dikeluarkan, konsumen perlu mengetahui akan presentasi penurunan nilai jual bekas, yang terjadi setiap setahun sekali. Namun, penurunan harga ini tergantung dari kondisi mobil beserta merknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *