Yuk Simak Proses Urus STNK Jika Ganti Warna Motor

Ingin memiliki gaya yang baru dengan kendaraan, anda bisa mengganti warna kendaraan anda. Dengan menaggantin kedaraan akan merasakan suasa baru saat berkendara. Mengganti warna ini tentunya membutuhkan beberapa proses untuk mendapatkan ijin dari negara seperti pergantian STNK. Nah yuk simak prsesor urus STNK jika ganti warna motor.

Cara Mengganti STNK Motor

1. Menyipkan Identitas Diri

Pnting bagi anda jika menginginkan untuk mengganti warna kendaraan anda untuk menyiapkan identitas diri. Identitas diri yang dimaksud adalah KTP, KK atau SIM, badan hukum, dan instansi pemerintah termasuk BUMN dan BUMD. Jika anda ke instansi pemerintahan, anda akan mendapatkan surat tugas atau surat kuasa yang bermaterai dan ditandatangi oleh pimpinan.

Tentunya anda harus menyiapkan STNK asli yang akan anda ganti, bukti pelunasan PKB/BBNKB terakhir, bukti pemeriksaan cek fisik kendaraan, surat keterangan bermaterai dari bengkel, dan dokumen lain yang berakitan dengan warna motor. Anda harus menyakan berkas tersebut dengan lengkap, agar proses untuk mengurus pergantian warna motor ini mudah dilakukan.

2. Bengkel Resmi

Untuk melakukan pergantian warna sepeda, anda harus menggunakan jasa bengkel yang udah memiliki SIUP dan NPWP. Dengan memilih bengkel yang besar beserta surat keterangannya yang jelas, akan mudah sekali untuk diterima oleh pihak kepolisian. Adanya pemberlakuan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pecurian kendaraan dengan begitu mudah.

Jika anda melakukan perubahan warna pada bengkel resmi, biasanya akan diminta STNK untuk melakukan servis. Dengan begitu kendaraan anda akan aman untuk diganti warnya oleh bengkel yang terpercaya. Pelayanan resmi yang meminta STNK tentu tidak akan menangani mobil atau kendaraan hasil curian, karena tidak memiliki STNK. Dengan melampirkan deler resmi, anda akan mudah untuk mengurus pergantian warna kendaraan anda.

Yuk Simak Proses Urus STNK Jika Ganti Warna Motor ini

3. Melakukan Mini Riset

Agar mendapatkan pelayanan yang cepat, efesien dari segi biaya, waktu dan tenaga ada baiknya anda melakukan riset kecil kecilan. Anda bisa melakukan riset dengan menelepion beberapa biro jasa yang paling murah dan terpercaya. Selain itu, anda bisa bertanya pada teman yang sudah ganti warna kendaraan sebelumnya untuk mengetahui beberapa rekomendasi bengkel dan prosedur yang harus dijalani.

Lakukan survey mini melalui sosmed seperti whatsapp atau facebook, dan menanyakan beberapa pengalaman rekan rekan yang pernah mengganti warna motor. Anda bisa bertanya dari segi biaya ataupun efektivitas prsoes pergantian warna motor. Selalu pastikan jika perubahan warna motor akan sesuai dengan harapan anda. Melakukan riset ini penting, jika anda menginginkan untuk mengurus sendiri pergantian STNK anda di kepolisian.

4. Membayar Biaya

Tentunya jika anda sudah mengurus semua berkas yang dibutuhkan untuk biaya pergantian motor, anda harus membayar harga yang ditetapakan. Harga untuk pergantian motor ini berkisar dari 350 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Anda bisa membayarkanya pada ruang adiminstrasi yang tersedia.

Harga ini bisa saja bertambah jika anda menggunakan beberapa biro jasa ataupun orang dalam dan sebagainya. Butuh waktu sekitar dua pekan untuk bisa mengambil STNK baru, yang sudah memiliki pergantiian warna. Namun anda harus proses pergantian BPKB sekitar tiga bulan setelah anda mengurus pergantian STNK tersebut.

Tentunya memiliki kendaraan yang trendi dan kece adalah hal yang selalu diinginkan bagi pecinta motor. Anda bisa mengganti beberapa elemen pada motor dengan hal hal yang baru salah satunya alah warnanya. Dengan memiliki warna yang baru anda akan memiliki penampilan yang jauh lebih percaya diri dan pastinya kece.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *