Yuk Simak Tips Mempersiapkan Acara Khitanan Anak

Khitanan merupakan salah satu tradisi yang ada di Indonesia, dimana dilakukan pemotongan pada kulup supaya kelamin laki-laki tidak mudah terpapar oleh sisa air seni. Tradisi ini di biasanya digelar hampir sama seperti acara pernikahan. Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan acara khitan untuk anak. Berikut ini persiapan yang harus dilakukan agar acara sunatan berjalan lancar.

Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Acara Sunatan

1. Merencanakan Tanggal Acara

Persiapan sunatan harus dilakukan secara matang agar anak dapat mempersiapkan mental dan fisiknya sebelum hari H. Dengan perencanaan tanggal jauh-jauh hari anda juga bisa menyiapkan dana anggaran yang dibutuhkan untuk acara. Sebaiknya lakukan persiapan setidaknya setahun sebelum mengadakan acara sunatan. Carilah waktu yang tepat, atau bila perlu pilihlah hari ketika anak libur sekolah sehingga tidak perlu khawatir meminta izin.

2. Menetapkan Dana Anggaran

Setelah mendapatkan tanggal yang sesuai, anda bisa melakukan perincian terhadap keperluan apa saja yang membutuhkan anggaran. Hitunglah anggaran secara teliti dan jangan sampai ada yang terlewat. Carilah informasi mengenai biaya medis untuk sunat kepada kerabat atau teman yang pernah mengadakan acara sunatan. Sebaiknya anda melebihkan angaran yang dibutuhkan dari perhitungan sebenarnya.

Yuk Simak Tips Mempersiapkan Acara Khitanan Anak

3. Memilih Event Organizer yang Tepat

Karena acara khitanan biasanya digelar seperti acara nikahan, maka anda perlu menyewa event organizer. Pilihlah event organizer yang bisa memberikan konsep acara yang sesuai dengan keinginan anda. Dekorasi yang menarik dapat memberikan kesan yang meriah sehingga tamu undangan bisa menikmati acara dengan baik.

Sebelum memilih event organizer, ada baiknya anda membuat list beberapa event organizer yang bisa menyediakan pelayanan yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa meminta recomendasi dari teman atau mencari review dari para pengguna jasa sebelumnya di internet. Anda juga bisa memastikan tentang kualitasnya dengan mengunjungi alamatnya secara langsung dan melakukan komunikasi mengenai konsep dan harga.

4. Mempersiapkan Mental Anak

Sebelum hari berlangsungnya hari H, sebaiknya anda memberikan edukasi pada anak untuk mempersiapkan mentalnya. Sebagian besar anak merasa takut ketika mendengar kata sunat, karena mereka berfikir hal itu bisa membuat rasa sakit yang berlebihan. Maka dari itu, berikan penjelasan bahwa sunat sangat penting untuk kesehatannya dan rasa sakit yang ditimbulkan akibat sunat tidak menakutkan seperti yang dibayangkan.

5. Mencari Klinik Khitan untuk Anak

Mencari klinik untuk proses sunat harus dilakukan dengan cermat. Hal ini karena setiap klinik memiliki standar dan predikat operasi yang berbeda-beda. Sebelum menentukan klinik yang akan dipakai, anda bisa mencari tahu metode sunat seperti apa yang dipakai di klinik tersebut. Pastikan juga bahwa dokter yang menangani sudah berpengalaman dan profesional. Dengan penanganan dan pelayanan yang baik, anak anda akan merasa lebih nyaman.

6. Memberikan Hadiah Kepada Anak

Setelah anak berhasil melalui proses sunat, anda sebagai orang tua sebaiknya memberikan reward kepada anak. Berikan apresiasi terhadap keberaniannya dengan memberi hadiah atau pujian. Dengan cara ini, anak anda kan merasa lebih baik dan bangga karena bisa melalui proses sunat. Anda juga bisa memanjakannya selama sehari penuh dan mengadakan perayaan yang meriah sehingga anak merasa senang dan terhibur.

Itulah tips mempersiapkan acara sunatan anak agar berjalan lancar dan meriah. Persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari dapat membuat anda lebih bisa mengantisipasi hambatan yang bisa saja terjadi di hari H. Maka dari itu, lakukan persiapan dengan baik mulai dari anggaran, pemilihan klinik hingga pemilihan organizer. Lakukan pendampingan selama anak menjalani prosesi sunat agar ia tetap merasa nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *