Yuk Simak Tips Menjaga Tensi Darah Normal

Tekanan darah seringkali dikaitkan dengan kondisi kesehatan tubuh. Tekanan darah yang normal biasanya tidak kurang dari 120/80 mmHg. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami masyarakat Indonesia adalah tekanan darah tinggi. Kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti diabetes, stroke maupun jantung koroner. Anda dapat menjaga tensi darah normal dengan tips di bawah ini.

Cara Efektif Mengontrol Tekanan Darah Tetap Normal

1. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Salah satu cara yang dapat diterapkan agar tekanan darah anda normal adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Berolahraga dapat menjadikan jantung lebih sehat sehingga tekanan darah pada arteri menjadi menurun. Anda dapat melakukan olahraga ringan dengan melakukan joging 30 menit setiap hari untuk mengatasi masalah tekanan hipertensi.

2. Mengelola Stres

Stres dapat dikaitkan dengan meningkatnya kadar gula dalam darah dan menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Stres yang dialami seseorang dapat menyebabkan tubuh harus menanggung beban yang lebih berat. Kondisi relaks dapat membantu anda mengontrol tekanan darah dalam kondisi normal. Anda dapat mengurangi stres dengan melakukan travelling ke tempat yang menenangkan atau melakukan olahraga meditasi seperti yoga.

Yuk Simak Tips Menjaga Tensi Darah Normal ini

3. Mengurangi Konsumsi Garam

Penyebab masalah tekanan darah dapat berasal dari asupan makanan yang tidak seimbang. Pola makan yang lebih suka menikmati makanan cepat saji, dapat menyebabkan tingginya sodium sehingga tekanan darah meningkat. Dokter biasanya menyarankan kepada orang yang memiliki riwayat hipertensi untuk mengurangi makanan yang mengandung garam tinggi.

Agar tensi darah normal, anda harus membatasi makanan yang mengandung sodium tinggi. Sebaliknya, anda dapat menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur dan makanan dengan potasium yang tinggi. Bedasarkan sebuah riset, makanan yang memiliki serat yang tinggi dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik penderita hipertensi.

4. Mengurangi Minuman Berkafein

Minuman kopi bisa menyebabkan tekanan darah seseorang lebih tinggi. Namun, minuman ini tidak akan bermasalah bagi mereka yang memiliki masalah tekanan darah rendah. Maka dari itu, sebaiknya anda mengurangi minuman kopi jika memiliki masalah hipertensi. Gantilah minuman kopi dengan jenis minuman yang lebih sehat seperti jus. Jus kaya akan vitamin yang banyak dibutuhkan oleh tubuh dan mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

5. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat memiliki keterkaitan dengan tekanan darah yang meningkat. Lemak abdominal yang berlebihan dapat menyebabkan risiko jantung meningkat. Hal ini karena jantung harus bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat dihindari dengan menjaga berat badan yang ideal. Anda dapat menerapkan gaya hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan melakukan olahraga secara teratur.

6. Melakukan Pengecekan Tekanan Darah Secara Rutin

Jika anda termasuk sering mengalami masalah tekanan darah, sebaiknya lakukan pengecekan tekanan darah secara rutin. Dengan melakukan ini, anda bisa mengontrol tekanan darah saat tidak normal, sehingga masalah yang ditimbulkan tidak terlalu parah. Sebaiknya lakukan pengecekan tensi darah minimal sehari sekali .

Jika anda mengetahui tekanan darah secara rutin, anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter apabila tekanan darah meningkat atau terlalu rendah. Dokter akan memberikan resep obat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Jika tekanan darah anda meningkat sewaktu-waktu, minumlah obat hipertensi yang sudah diberikan dokter secara rutin.

Tekanan darah yang normal dapat mengindikasikan kondisi kesehatan yang baik. Dengan mengontrol tekanan darah, anda akan terhindar dari penyakit jantung yang berbahaya. Menerapkan tips di atas dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan yang cukup gizi serta olahraga yang teratur merupakan cara alami untuk mengontrol tekanan darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *